10 Trik di Aplikasi WhatsApp Yang Wajib Anda Ketahui

Diposting pada

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang dapat dipergunakan di berbagai platform seperti Android, iOs, Windows phone, Blackberry, Symbian, Java dan Desktop PC. Aplikasi messenger antar platform ini telah diakuisisi Facebook pada 7 Oltober 2014 dengan nilai USD22 miliar. Pada Artikel berikut akan diulas mengenai trik pada aplikasi WhatsApp yang perlu diketahui penggunanya.

Menyambungkan WhatsApp ke Desktop PC

Aktifitas chatting WhatsApp kini bisa dilakukan melalui PC dengan cara mengakses fitur WhatsApp Web. Langkahnya cukup sederhana, hanya dengan mengunjungi web.whatsapp.com melalui browser PC, kemudian penggunanya melakukan scan kode QR pada layar PC, setelah berhasil, chatting melalui Desktop PC bisa dilakukan.

Memindahkan Chat History ke Ponsel Lain

Saat pengguna Aplikasi WhatsApp mengganti perangkat Android atau iPhone dengan yang baru, Penggunanya dapat memindahkan chat history dengan cara menyiapkan kartu memori/microSD, kemudian ke menu Setting > Chat Settings > Backup Conversation.

Setelah berhasil mem-backup, pindahkan kartu memori/microSD ke ponsel yang baru, install WhatsApp kemudian pilih Restore. Pengguna dapat mengambil file backup melalui folder “sdcard > WhatsApp” dan chat history tersebut akan ditampilkan kembali di smartphone baru.

Menyembunyikan Tampilan ‘Last Seen’

Fitur ini tampil di bagian atas pada layar aplikasi WhatsApp. Jika penggunanya ingin mematikan fitur tersebut, Anda dapat mengakses menu setting > Account lalu pilih menu Privacy. Dengan menonaktifkan fitur tersebut akan membuat penggunanya tidak dapat melihat last seen pada WhatsApp milik teman.

Mengetahui Kapan Pesan WhatsApp Telah Dibaca

Pada WhatsApp Pengguna dapat mengetahui bila pesan telah terbaca atau belum dengan ceklis atau tanda centrang berwarna biru. Untuk mengetahui informasi lebih rinci mengenai jam dan tanggal berapa pesan itu terkirim (delivered) atau terbaca (read) bisa menekan atau tap yang lama pada kolom teks pesan, kemudian klik tanda (i). Pengguna WhatsApp akan mengetahui informasi terkait rincian kapan pesan tersebut terbaca.

Cara Mengunci WhatsApp

Pada perangkat dengan sistem operasi iOs, harus melakukan jailbreaking terlebih dahulu untuk dapat mengunci aplikasi tersebut. Sementara untuk ponsel dengan OS Android dapat menguncinya dengan cara mengaktifkan fitur keamanan menggunakan password atau PIN melalui aplikasi seperti AppLock, Smart AppLock, atau Messenger and Chat Block untuk dapat mengunci aplikasi WhatsApp.

Menciptakan Shortcut untuk Pesan

Memungkinkan penggunamya dapat dengan mudah masuk ke menu chatting dengan pengguna WhatsApp lainnya melalui fitur shortcut. Fitur ini hanya bekerja untuk perangkat dengan sistem operasi Android. Caranya sangat sederhana, penggunanya hanya perlu menekan salah satu pengguna untuk masuk ke opsi View Contact hingga Email Chat. Terdapat opsi Add chat shortcut yang akan mempercepat pengguna untuk masuk ke obrolan WhatsApp, karena icon telah muncul di tampilan home screen.

Menghentikan File Gambar yang Muncul di Camera Roll

Untuk menonaktifkan gambar dari aplikasi WhatsApp yang muncul di album foto Camera Roll, caranya cukup mudah. Bagi penggunan sistem operasi iOS, penggunanya hanya perlu mengakses menu Settings > Privacy > Photos lalu pilih toggle WhatsApp off.

Sementara untuk ponsel dengan sistem operasi Android dapat menonaktifkanya denga cara menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ES File Explorer. Setelah aplikasi file manager tersebut terinstal di perangkat Android, Kemudian, pilih sdcard > WhatsApp > Media dan klik atau tap New di folder yang Anda tidak ingin berbagi (share). Lalu, ciptakan sebuah file dengan nama .nomedia. Dengan demikian, gambar Camera Roll tidak akan muncul lagi di galeri foto.

Cara Mengaktifkan Fitur Mute pada Percakapan di Grup

Jika tidak ingin terganggu karena munculnya notifikasi tanpa henti dari sebuah grup. Anda dapat mengaktifkan fitur mute dengan cara membuka group chat, lalu cari group info, kemudian tekan mute bagi pengguna iPhone. Sedangkan untuk ponsel berbasis Android, pengguna dapat mengaktifkan fitur tersebut dengan cara membuka chat, klik Menu, lalu tekan Mute.

Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengatur periode waktu Mute yang lebih spesifik seperti mute selama delapan jam, satu pekan atau satu tahun.

Cara Memulihkan Pesan yang Terhapus

WhatsApp secara otomatis akan melakukan backup pesan pada perangkat yang Anda miliki setiap pukul 04.00. Cara mudah untuk memulihkan pesan yang baru terhapus adalah dengan cara melakukan uninstall aplikasi WhatsApp dan meng-install-nya kembali.

Jika Anda ingin memulihkan pesan lama di Android, gunakan aplikasi File manager seperti ES File Explorer dan akses sdcard/WhatsApp/Databases. Lalu ubah nama dari file yang diinginkan dengan nama msgstore.db.crypt. Selanjutnya pengguna dapat mengakses menu Settings > Apps > WhatsApp dan Clear Data. Saat aplikasi WhatsApp dijalankan kembali, maka akan muncul opsi restore.

Cara Menyebar Pesan Secara Broadcast

Layaknya Aplikasi BBM (Blackberry Messenger), pada WhatsApp juga terdapat fitur serupa. Untuk dapat menggunakanya, bagi pengguna OS Android dapat mengaksesnya melalui menu New broadcast. Sedangkat pada OS iOs, pengguna dapat mengaksesnya melalui menu Broadcast Lists pada layar Chats, lalu klik New List.