2 Cara Mudah Merubah File PDF Ke JPG

Diposting pada

PDF yang merupakan singkatan dari “Portable Document Format” adalah file yang digunakan untuk mencitrakan dokumen dua dimensi yang meliputi grafik vektor, huruf, teks dan citra. Format ini diciptakan pertama kali pada tahun 1993 oleh Adobe Systems sebagai keperluan pertukaran dokumen digital.

Pada artikel kali ini kami akan berbagi tips mudah mengenai cara merubah atau mengconvert file dengan format PDF ke format JPG dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga maupun online. Untuk merubah PDF ke JPG, Anda dapat memanfaatkan aplikasi bernama PDF to JPG Converter yang dapat diunduh pada tautan ini.

Jika Anda tidak terbiasa menginstal sebuah aplikasi, Anda dapat menggunakan convert online PDF to JPG pada situs yang beralamatkan di http://www.zamzar.com/. Situs ini tak hanya mampu merubah file PDF to JPG, namun banyak file yang dapat diconvert seperti PDF to Word, PDF to Excel, FLAC to MP3, DOC to PDF, MP4 to AVI dan lain sebagainya.

Tutorial Merubah File PDF Ke JPG
Cara pertama menggunakan aplikasi PDF to JPG Converter

Langkah pertama unduh aplikasi PDF to JPG Converter melalui perangkat komputer desktop atau laptop. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut disini. Agara aplikasi tersebut menjadi full version, isikan serial number ini R8Y8682KMDUAKW0.

Setelah proses pengunduhan aplikasi tersebut selesai, Instal seperti biasa dan buka aplikasi tersebut, maka Anda akan dihadapkan pada tampilan seperti gambar dibawah.

Cara pertama menggunakan aplikasi PDF to JPG Converter 1

Cari file PDF yang ingin di Convert menjadi JPG dengan cara menekan menu “ADD”. Setelah menambahkan file PDF, tap “Convert PDF Files Now”

Cara pertama menggunakan aplikasi PDF to JPG Converter 1

Tunggu hingga proses Convert File selesai. Waktu Convert tergantung besar kecilnya ukuran file PDF. Selain dapat merubah file PDF ke JPG, aplikasi ini juga mampu merubah PDF ke format lain seperti BMP, GIF, PNG, TIF. Anda dapat merubahnya pada kolom “Output Format”.

Cara pertama menggunakan aplikasi PDF to JPG Converter 1

Hasil dari Convert tersebut biasanya tersimpan di Computer > Local Disk C > output. Anda juga dapat menyimpan hasil covert di folder pilihan Anda dengan cara merubah “Output Path”.

Cara kedua menggunakan convert online

Langkah pertama buka sebuah situs dengan alamat http://www.zamzar.com/ melalui aplikasi browser di PC atau laptop yang Anda miliki.

Kemudian unggah file PDF yang ingin convert dengan cara tap “Choose Files..” di Step 1.

Cara kedua menggunakan convert online 1

Selanjutnya menuju Step 2. Pilih format JPG. Selain dapat merubah PDF ke JPG, situs ini juga dapat convert ke format PNG, BMP, GIF dan lainya.

Cara kedua menggunakan convert online 2

Masukan Alamat email Anda pada Step 3, Karena hasil dari Convert otomatis akan dikirim ke email Anda untuk didownload.

Cara kedua menggunakan convert online 3

Kemudian tekan “Convert” pada Step 4. Tunggu sebentar hingga proses tersebut selesai.

Cara kedua menggunakan convert online 4

Anda dapat mengunduh hasil akhir melalui link yang dikirimkan ke email Anda.

Cara kedua menggunakan convert online 5

Tap link tersebut, maka Anda akan diarahkan ke tab download file yang sudah di convert. Selamat mencoba.