5 Cara Mengatasi Android Yang Cepat Panas

Diposting pada

Salah satu kelemahan perangkat pintar smartphone, terutama handset berbasis Android adalah komsumsi daya baterai yang boros. Selain itu terdapat kelemahan lainya seperti suhu panas pada hardware perangkat tersebut. Walaupun tidak semua ponsel Android mengalami masalah di atas, namun kebanyakan smartphone saat ini mengalami hal tersebut khususnya untuk perangkat Android kelas low-end.

Panas merupakan hal yang wajar pada perangkat smartphone saat ini, namun jika sudah melebihi batas kewajaran atau lewat dari 50 derajat, harap berhati-hati. Jika hal ini terus-menerus didiamkan maka akan berakibat smartphone mengalami overheating atau mengalami suhu panas yang tinggi dan mengakibatkan perangkat tersebut rusak hingga kejadian terburuk yang pernah terjadi, yakni smartphone meledak.

Banyak faktor yang menyebabkan smartphone mengalami suhu panas yang tinggi seperti menjalankan aplikasi dan game yang berat, sementara perangkat tersebut tidak support, Terlalu banyak menginstal aplikasi, Multitasking atau menjalankan aplikasi lebih dari satu, men-charger dengan menggunakan charger yang bukan bawaan dari smartphone tersebut (Charger pada smartphone biasanya memiliki voltase dan amper yang berbeda). Untuk mencegah smartphone mengalami suhu panas yang berlebihan, berikut tips Cara Mengatasi smartphone Android Yang Cepat Panas.

5 Tips Mengatasi Android Yang Cepat Panas

Jangan Menggunakan Smartphone sambil Men-chargenya

Menggunakan smartphone sambil men-chargenya selain dapat mengurangi umur baterai juga dapat menimbulkan suhu panas yang tinggi. Jadi baiknya ketika mengisi daya pada baterai, ponsel dalam keadaan tidak digunakan.

Gunakan Baterai Original

Bagi pengguna yang menggunakan baterai KW, disarankan untuk mengganti dengan yang Asli. Dari beberapa kasus selain cepat menimbulkan panas yang tinggi, baterai palsu juga rawan meledak.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Penting

Sebelum memasang aplikasi atau game harap diperhatikan kemampuan dari perangkat tersebut. Jadi disarankan untuk tidak menginstal banyak aplikasi, karena selain menguras memori dan RAM, suhu smartphone akan cepat panas akibat beberapa aplikasi aktif bersamaan di latar belakang. Segera uninstal aplikasi yang tidak terlalu penting.

Hindari Multitasking

Jika Anda pengguna perangkat yang memiliki prosesor dan RAM yang pas-pasan, hindari membuka banyak aplikasi seperti memainkan game sambil mendengarkan musik atau lainya. Hal ini dapat memungkinkan ponsel cepat panas hingga terjadi (overheat).

Atur Kecerahan Layar

Mengatur kecerahan layar pada smartphone dapat meminimalisir terjadinya suhu panas yang berkebihan. Selain dapat mengurangi suhu panas, sedikit meredupkan kecerahan layar juga dapat menghemat konsumsi daya baterai.