6 Fitur Baru di OS Android v6.0 Marshmallow

Diposting pada

Belum lama ini pihak Google telah secara resmi mengumumkan kehadiran update sistem operasi terbarunya yakni OS Android V6.0 yang diberi nama Marshmallow yang menawarkan beberapa keunggulan dengan fitur terbarunya.

Kehadiran OS Android terbaru ini lebih cenderung ke ranah persaingan antar sistem operasi, pasalnya belum lama ini pihak Microsoft juga turut mengumumkan kehadiran update sistem operasi andalannya yakni Windows 10 yang ramai diperbincangkan dan digunakan oleh para pengguna PC dekstop.

Meskipun demikian update OS Android V6.0 memang menjadi salah satu moment yang paling ditunggu oleh para pecinta smartphone android karena tak hanya memberikan pengalaman baru dalam berselancar melainkan fitur mumpuni dan tentunya nama unik yang disemakan di OS android terbaru tersebut.

Seperti sebelumnya Google selalu memberikan nama yang unik disetiap robot hijau atau yang biasa dikenal dengan Sistem Operasi android tersebut, bahkan dari generasi pertama hingga Android V6 nama yang disematkan merupakan urutan dari Alfabet seperti ICS, Jelly Bean, KitKat, Lollipop dan kini Marshmallow.

Namun pihak Google turut memberikan keterangan dimana sebenarnya tak banyak yang berbeda dari sistem android sebelumnya, hanya saja ada tambahan beberapa fitur baru yang diberikan oleh pihak Google.

Fitur yang paling menonjol yang coba dihadirkan yakni “Permission Contro” dan perubahan Level ke API 23 dimana dukungan alat pen-scan dan pemindai sidik jari tak hanya menjadi sistem bawaan dari smartphone semata namun juga OS ini telah menjadi fitur default.

Berikut 6 fitur terbaru dari OS Android V6.0 Marshmallow
1. Fitur Modus Doze

Fitur pertama yang akan hadir di OS Android Marshmallow yakni Modus Doze dimana fitur ini memiliki kemampuan untuk melakukan mode sleep otomatis dan penghematan energi daya di smartphone android anda plus bekal UI atau skin menarik.

2. Fitur Improved App Permission

Salah satu fitur keamanan yang mirip seperti Windows Defender ataupun FireWall di smartphone anda dimana fitur ini memungkinkan smartphone android akan meminta ijin terlebih dahulu untuk mengakses aplikasi tertentu yang dinilai baru maupun berbahaya.

3. Kinerja dan Akses Google Now Lebih Cepat

Bagi anda yang sering menggunakan Google Now sebagai bagian dari aktivitas kini anda akan dimanjakan dengan kehadiran OS Android V6. Marshmallow dimana efek dari update ini bakal memudahkan akses dan diklaim meningkatkan kinerja dari Google Now tersebut.

Anda hanya cukup menekan tombol Home agak lama atau mengatakan ‘Ok Google’. Dengan pembaruan OS Android v6.0 Marshmallow, fitur Google Now ini tidak lagi terikat ke layar awal dan App Drawer.

4. Fitur Android Pay Dimaksimalkan

Salah satu kemudahan akses yang dihadirkan dari OS Android Marshmallow ini adalah kemampuanya untuk memudahkan para pengguna smartphone android dalam melakukan pembayaran di toko-toko maupun gerai yang terkoneksi NFC maupun mobile Android Pay.

Android Pay kini diatur untuk bekerja di lebih dari 700.000 toko dan retail di Amerika Serikat. Dan diluncurkan di beberapa negara di Asia Tenggara dalam waktu dekat, dimulai dari Filipina .

5. Standarisasi Dukungan Pemindaian Sidik Jari

Fitur yang paling menonjol di sistem operasi android terbaru ini adalah dukungan fitur pemindai sidik jari yang bakal menjadikan smarpthone android anda lebih modern dan stylish.

Bahkan menurut rumor yang beredar Google bakal menerapkan fitur ini dengan standar tinggi dimana dukunga software canggih bakal menjadi bekal utamat erlebih untuk OS Android terbaru yang akan datang.

6. Dukungan USB Type C

Sama seperti sensor sidik jari (Fingerprint Sensor), Google juga melihat betapa pentingnya standardisasi dukungan perangkat lunak untuk USB Tipe C pada rilis smartphone berbasis OS Android di masa depan. Apa sih sebenarnya yang keren tentang port tipe ini? Sebenarnya konsep kerjanya tak jauh beda dengan Lightning Port yang dimiliki oleh perangkat Apple. Anda  tidak memerlukan USB superposisi lagi dan juga mendukung USB 3.1 standar, yang mentransfer data dan listrik lebih cepat dan lebih efisien.