7 Fitur Canggih Android yang Jarang Digunakan

Diposting pada

Aingindra.com – Smartphone android sejatinya saat ini merupakan salah satu perangkat seluler yang paling digandrungi ketimbang beberapa ponsel dengan mengusung sistem operasi yang berbeda. Salah satu faktor yang menjadi daya tarik dari android yakni kemudahannya dalam melakukan modifikasi terhadap fitur yang ada didalam android itu sendiri.

Ada banyak fitur yang telah disediakan di smartphone android yang tentunya dapat mempermudah para penggunanya dalam melakukan segala aktivitas terlebih di dalam perangkat itu sendiri.  Beberapa fitur mumpuni lainnya yang dapat memaksimalkan performa si ponsel maupun memudahkan anda diantaranya ada air gesture, pemaksimalan tampilan antar muka atau UI serta penyediaan toko aplikasi yang dapat anda miliki dengan beragam kontent menarik lainnya.

Hadirnya fitur google map dan gps juga turut membantu anda dalam mencari tahu lokasi dan bahkan dapat menemukan ponsel android anda yang sebelumnya hilang.

Tak pelak hal tersebut membuat Smartphone dengan basic sistem operasi android lebih banyak digandrungi karena memang para pengguna bebas untuk memilih dan melakukan apa yang ia sukai di ponsel mereka.

Namun sayangnya dari banyaknya fitur canggih mumpuni lainnya yang ditawarkan oleh android ada beberapa fitur yang sama sekali tak digunakan atau bahkan tak dilirik oleh para pengguna.

Lantas apa saja fitur tersebut simak ulasanya dibawah ini:

Fitur Canggih Android

Fitur Pengoptimal Baterai

Bagi anda para pengguna ponsel android sudah menjadi hal lumrah jika perangkat anda acapkali merasa bahwa baterai ponsel anda boros atau cepat habis, ya hal tersebut memang hampir terjadi disemua perangkat pintar tak hanya android melainkan juga perangkat dengan sistem operasi yang berbeda.

Padahal sejatinya perangkat android anda telah menyediakan fitur khusus yang mampu mengoptimalkan kinerja baterai ponsel anda. Dengan fitur ini anda para pengguna bahkan dapat mengcustom tingkat kecerahan layar yang berimbas pada timer daya baterai terlebih lagi mode battery saver juga turut diaktifkan dengan cara setting ==> Batteray dan pilih Battery Server.

Tentu hal tersebut sangat berpengaruh untuk menambah waktu daya baterai dan mengurangi beban daya dari customize baik dari sisi aplikasi, tingkat kecerahan, maupun aktivitas berat lainnya seperti berselanjar di dunia maya yang tentunya membutuhkan daya baterai tinggi.

Fitur Pengunci Jarak Jauh

Fitur canggih kedua yang jarak sekali dilirik oleh para pengguna android yakni “Android Device Manager” yang sebenarnya terbilang sangat dianjurkan untuk dioptimalkan. Dengan fitur ini kita dapat memantau letak posissi kita ketika tengah menggunakan ponsel tersebut bahkan kita dapat memindai keberadaan maupun mengunci objek ataupun data kita agar tetap aman ditempat.

Tak hanya itu fitur ini juga mendukung dalam membantu para penggunakan untuk menemukan perangkat ponselnya yang hilang.

Untuk mengaktifkan fitur ini sebenarnya tak terlalu susah, yang harus dilakukan hanya dengan membuka setting pengaturan di ponsel androi anda kemudian piliha “Security” > Android Device Manager. Dari sini aktifkan opsi Remotely Locate This Device dan Allow Remote Lock and factory Reset dengan mengeser tombol ke kanan.

Agar fitur ini berjalan, pastikan akses loksai juga diaktifkan. Nah, untuk melihat lokasi perangkat dapat melihatnya di laman android.com/devicemanager.

Data Saver

Salah satu hal wajib yang perlu diketahui oleh para pengguna ponsel android saat berselancar di dunia mayar yakni penggunaan data. Ya android memang telah menambahkan fitur canggih untuk menghemat penggunaan data para penggunanya atau yang biasa disebut dengan “Data Saver”.

Kecanggihan fitur ini dapat anda rasakan dengan browser Chrome for Android dengan cara mengaktifkannya yakni buka pilihan setting dari aplikasi browser chrome itu sendiri lalu pilih data saver dan kemudia geser ke kanan, selesai deh.

OK Google Kini Kenali Bahasa

Satu lagi fitur mumpuni yang bisa dikatakan sebagai Google Voice dimana para pengguna tak perlu repot lagi dalam melakukan pencarian tanpa harus mengetik namun hanya dengan mengucapkan apa yang ingin dicari oleh pengguna.

Jika dulu Google Voice hanya mendukung bahasa default yakni bahasa inggris kini fitur terbaru yang telah diupgrade tersebut telah mendukung Basah Indonesia. Nah bagi anda yang ingin mengaktifkannya dapat dilakukan dengan cara melakukan penyettingan dari menu tersebut lalu pilih Search and Now lalu piliha Voice dan Ok Google Detection.

WiFi On

Satu lagi keunggulan fitur terbaru dari android yakni dimana para pengguna dengan mudah dapat mengunduh beragam hal meski layar ponsel tengah berada pada posisi sleep. Ya dengan fitur Wifi ON anda masih tetap menikmati unduhan yang tengah berlangsung.

Tak hanya itu, dengan kemampuan ini tentu juga berpengaruh terhadap kinerja baterai yang tentu tak seboros saat dalam kondisi On.

Pushbullet

Ada cara mudah agar Anda tetap fokus pada komputer tanpa harus sering melihat notifikasi di layar ponsel. Caranya dengan menginstal Pushbullet, aplikasi ini akan menampilkan notifikasi yang masuk ke ponsel ke layar komputer. Tapi pastikan Anda menggunakan Google Chrome. Karena aplikasi ini membututuhkan ekstensi Chrome.

Mirror ke PC

Kita dapat dengan mudah menampilkan layar ponsel ke layar komputer. Alhasil kita dapat memainkan games Android di layar yang lebih lebar. Caranya cukup dengan menginstal aplikasi mirroring, sepeerti AirDroid, Teamviewer dan All Cast. Atau bila ingin menonton film atau games di PC lewat ponsel Android. Coba instal aplikasi Splashtop di Google Play Store.