7 Tombol Shortcut Rahasia pada Windows 8

Diposting pada

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai Lima Fungsi Tombol Shortcut Pada sistem operasi Windows 7 diantaranya tombol Alt+Tab yang berfungsi untuk mempercepat proses transisi antar program. Windows 8 yang merupakan penerus dari Windows 7 sendiri memiliki tombol shortcut atau jalan pintas untuk meningkatkan produktifitas saat bekerja. Berbeda pada Windows 7 yang mengunakan tombol Alt+Tab untuk transisi atau peralihan antar program, di Windows 8 peralihan tersebut menggunakan tombol Windows Key+Tab.

Windows Key adalah tombol yang terdapat di keyboard dengan logo khas Windows. Tombol tersebut berperan membuka menu awal atau juga berfungsi menukarkan dengan tampilan desktop. Lalu tombol shortcut apa saja yang terdapat pada Windows 8. Berikut 7 Tombol Shortcut Rahasia pada Windows 8.

Windows Key+Print Screen
Tombol ini memiliki fungsi untuk menangkap atau screenshoot gambar pada layar PC yang secara otomatis akan tersimpan di folder My Picture.

Windows Key+Tab
Dengan menahan kedua kombinasi tombol tersebut, secara otomatis akan beralih dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain yang sedang aktif. Sebagai contoh, pengguna membuka dua aplikasi berbeda seperti pemutar musik dan Microsoft Office. Jika ingin beralih secara cepat, tombol Windows Key+Tab menjadi solusinya.

Windows Key+I
Jika ingin beralih ke menu setting atau pengaturan dengan cepat, tombol Windows Key+I mempermudah proses tersebut.

Windows Key+C
Saat menekan tombol shortcut Windows Key+C secara bersamaan, pengguna akan dialihkan pada tampilan Charms di Windows 8.

Windows Key+D
Tombol shortcut ini berfungsi untuk transisi ke tampilan layar awal atau disebut desktop.

Windows Key+X
Untuk mengakses fitur seperti Command Prompt dan Device Manager di Windows 8, kombinasi tombol diatas dapat memprosesnya secara langsung.

Windows Key+(.)
Perpaduan tombol diatas akan berfungsi sebagai pin dan unpin (menempatkan atau mencopot) shortcut yang terpasang di Windows 8.