8 Langkah Penting Sebelum Membeli Smartphone

Diposting pada

Bagi anda yang tengah atau ingin membeli ponsel android terbaru tentunya meski ada beberapa pertimbangan maupun alasan dalam memilih sesuatu. Ya bisa dikatakan pasar smartphone memang terus bersinar terlebih dengan hadirnya ponsel baru disetiap bulannya tentu semakin membuat anda (konsumen) bingung dalam memilih yang terbaik.

Bisa dikatakan smartphone terbaru yang hadir disetiap bulan bahkan setiap minggu memang menawarkan beragam kecanggihan teknologi maupun fitur terlebih juga banderol harga yang terbilang cukup menggiurkan, tentu membuat anda semakin bimbang dalam memutuskan memilih ponsel yang akan dibeli.

Nah berikut ini ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui ataupun menjadi dasar utama dalam memilih serta membeli smartphone android terbaru:

1. Internal Memory

Hal  pertama harus dipertimbangkan sebelum membeli smartphone yakni sisi Internal Memory dimana hal tersebut merupakan point penting yang perlu diperhatikan. Ya bagian internal ini memang terbilang sepele, pasalnya bisa dikatakan internal memory yang minim bahkan bisa diperluas dengan MicroSD, namun tentunya bagi anda para pecinta game maupun aplikasi berat tentunya membutuhkan storage memory yang wajib memiliki space luas, dan hal tersebut juga sangat berpengaruh dengan performa dari si ponsel itu sendiri.

Ya dasarnya performa dari si ponsel juga turut dipengaruhi oleh besarnya internal memory, semakin besar maka performa yang ditawarkan juga bakal maksimal.

Lantas berapakah batas normal dari internal memory di sebuah smartphone?

Untuk berjaga-jaga ataupun hal lain tentunya dirasa minimal internal memory yang tersedia harus berkapasitas 8GB dimana 4GB untuk sistem operasi dan beberapa aplikasi sedangkan sisanya untuk data-data internal anda.

2. Ketangguhan Prosesor

Salah satu hal wajib yang menjadi prioritas dalam memilih smartphone adalah CPU atau prosesor yang ditawarkan. Ya sebenarnya dari jenis chipset yang digunakanpun sudah turut memiliki andil besar dalam kinerja si ponsel.

Namun meski berbeda jenis tentunya jika kecepatan dari prosesor yang ditawarkan tinggi maka dapat dipastikan performa yang ditawarkan juga bakal maksimal meskipun harus melakukan multitasking sekalipun.

Sebenarnya kecepatan sebuah prosesor memiliki ukuran satuan yakni Hertz (Hz) dan saat ini kebanyakan smartphone telah ditanam prosesor dengan kecepatan setidaknya minimal 1 GHz.

3. RAM (Random Access Memory)

Tak hanya cukup prosesor besar dan internal memory yang luas, dan bisa dikatakan meski kedua hal tersebut  memiliki tingkatakan yang tinggi sedangkan sisi RAM terbilang minim maka hal tersebut juga percuma karena performa yang dihasilkan baik dari prosesor maupun internal memory tak akan bekerja maksimal karena proses membaca suatu data terkendala RAM yang memiliki ruang minim.

Ya RAM menjadi komponen pendukung utama dan pasangan wajib dari prosesor, karena maksimal tidaknya kinerja dari suatu prosesor dapat dilakukan oleh RAM itu sendiri.

4. Sistem Operasi

Sebenarnya dan bisa dikatakan kehadiran OS dalam menentukan pilihan dalam memilih smartphone memang tak terlalu berpengaruh, meskipun demikian hal ini tentu wajib menjadi bagian dasar awal untuk menjadi alasan dalam memilih.

Pasalnya OS juga mampu meningkatkan kinerja dari ponsel itu sendiri terlebih dengan dukungan beragam fitur mumpuni dan full support untuk aplikasi apapun maupun kegiatan apapun.

OS ataupun sistem operasi juga dapat menjadi penyeimbang dikala prosesor dan RAM tak bersinergi dengan baik terlebih dalam hal layar interface yang bakal memanjakan anda para pengguna dalam menjelajahi isi smartphone anda.

5. Display Layar

Bicara sisi luar dari smartphone tentu akan menjadi hal berbeda, pasalnya hal ini terbilang cukup relative yang lebih dikarenakan kebanyakan orang memiliki selera berbeda dalam hal luas bentang layar.

Ada kala orang menginginkan luas layar lebar dan ada pula yang sedang, meskipun demikian yang harus diperhatikan adalah resolusi layar yang ditawarkan serta kerapatannya. Semakin besar maka kualitas layar yang ditawarkan juga akan semakin bagus.

Bahkan hal ini dapat berpengaruh dalam hal sisi fitur multimedia, dimana ketika anda melakukan pengambilan objek gambar melalui lensa kamera tentu tak hanya kekuatan dari silensa saja yang berpengaruh, melainkan juga sisi resolusi dari layar display ponsel anda.

6. Desain

Masih dalam ranah hal yang terbilang relativ, hal ini tentu hanya anda sendiri yang dapat memutuskan. Ya selain hal wajib diatas yang harus anda pertimbangkan tentu dari sisi lain ada bagian desain yang juga masuk dalam daftar hal wajib sebelum membeli smartphone.

Tentunya pastikan desain body dari si ponsel yang anda pilih merupakan pilihan yang cocok dan nyaman digunakan oleh si pengguna sendiri.

7. Kamera

Kecanggihan teknologi telah menggiring munculnya smartphone dengan bekal fitur lensa ganda dimana kamera belakang menjadi kamera utama yang memiliki kekuatan lebih ketimbang lensa depan.

Tentunya bagi anda  yang memiliki hobi dalam hal fotographi ada baiknya juga turut memperhatikan sisi ini, pasalnya dengan smartphone yang dibekali teknologi lensa kamera beresolusi tinggi tentu akan sangat memudahkan anda atau bahkan menghasilkan object yang bisa dikatakan memuaskan bahkan hanya dengan perangkat mini sekalipun.

Tak hanya itu, saat ini lensa kamera juga telah menjadi salah satu alat untuk berkomunikasi seperti layanan video call, tentu hal tersebut sangat membantu dalam hal kelancaran berkomunikasi itu sendiri.

8. Baterai

Kebanyak kendala utama dari ponsel pintara dalah cepat habisnya daya dari ponsel tersebut. Ya keunggulan smarpthone dengan beragam kemampuannya memang tak bisa dipungkiri juga turut menguras daya baterai, sehingga banyak pengguna yang sering mengeluh akan baterai cepat habis di smartphonenya.

Tentunya dari hal diatas kita dapat memasukannya kedaftar dimana baterai juga menjadi hal penting dalam memilih smartphone. Terlebih saat ini beberapa vendor ponsel sudah mulai membekali smartphone terbarunya dengan baterai yang memiliki kapasitas daya cukup besar.