8 Trik di Android Yang Perlu Kamu Tahu

Diposting pada

Android adalah sistem operasi besutan Google yang paling banyak digunakan vendor dunia pada produk handset-nya. OS dengan ikon robot hijau ini juga paling banyak digunakan masyarakat dunia mengalahkan sistem operasi lainya seperti iOs dan Windows Phone. Bagi pengguna perangkat pintar berbasis Android, mungkin ada yang belum mengetahui jika OS ini memiliki 8 fitur yang akan memudahkan penggunanya melakukan aktifitas seperti mengambil screenshoot atau tampilan layar pada perangkat, Membaca notifikasi tanpa membuka kunci tombol dan sebagainya. Pada kesempatan berikut, akan diulas 8 Tip dan Trik Sederhana pada perangkat Android. Berikut Ulasanya.

Mengambil gambar dan video sekaligus.

Ketika pengguna perangkat Android sedang merekaman video, tiba-tiba disuatu momen ingin memotret atau mengambil gambar. Triknya adalah pengguna tinggal menekan layar saat mengambil video dan otomatis Android juga akan mengambil gambar dan menyimpanya. Hal ini bekerja dikebanyakan versi Android, namun ada versi yang tidak support hal ini.

Mengetikkan suara.

Dengan fitur text voice pengguna akan dimudahkan dalam aktifitas seperti Tweet. Caranya cukup mudah, pada keyboard Android terdapat ikon microphone di samping space bar. Tekan lalu bicara. Secara otomatis ucapan akan diterjemahkan kedalam bentuk tulisan.

Mengambil Screenshot.

Untuk OS Android versi ICS (Ice Cream Sandwich) keatas, mengambil tangkapan layar atau screenshoot sangat mudah. dengan menekan tombol power dan volume (-) secara bersamaan, maka hasil dari screenshoot akan tersimpan di galeri.

Menaruh kontak pada homescreen.

Apabila sering menghubungkan salah satu kontak yang terdapat di phonebook. Pengguna dapat menaruh kontak tersebut d homescreen. Caranya cukup mudah, pilih widget kontak, kemudian tentukan kontak mana yang ingin dijadikan shortcut.

Menggunakan Android sebagai USB Drive.

Perangkat Android dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan data portable. Caranya cukup mudah, colok kabel USB ke komputer kemudian nanti akan terdapat 3 notifikasi seperti, charge only, data connection dan storage mode. Pilih opsi terakhir.

Menggunakan Android sebagai Modem.

Sama Seperti cara diatas, namun dibagian ini pengguna memilih data conection agar dapat terhubung ke internet

Memonitor penggunaan data.

Fitur ini dapat menampilkan atau memonitor paket data internet pada perangkat Android. Caranya dengan masuk ke menu setting kemudian pilih data usage.

Membaca notifikasi tanpa membuka kunci tombol.

Di OS Android pengguna dapat membuka notifikasi tanpa harus lebih dulu membuka kunci layar. Caranya cukup sederhana, swap ke bagian bawah dari bagian atas, kemudian pengguna akan melihat notifikasi yang ditampilkan.