Adu Gahar Xiaomi Mi4i VS Asus Zenfone 2 4GB

Diposting pada

Xiaomi dan Asus saat ini merupakan vendor smartphone yang paling banyak mendapat sorotan. Xiaomi sendiri adalah produsen smartphone asal China yang sukses lewat penjualan produk-produknya seperti Redmi 1S. Sedangkan Asus adalah pemain lama, namun melalui produk smartphone berlabel ZenFone, Asus semakin digandrungi pecinta ponsel saat ini.

Baru-baru ini kedua vendor smartphone tersebut memperkenalkan jagoan terbarunya, Xiaomi dengan Mi4i dan Asus hadirkan ZenFone 2 (ZE551ML). Diantara kedua flagship tersebut, manakah yang paling gahar. Berikut komparasi dua produk andalan terbaru dari Xiaomi Mi4i dan Asus Zenfone 2.

Tampilan

Xiaomi Mi4i yang baru saja diperkenalkan kepada publik, mengadopsi layar berukuran 5 inci beresolusi full HD 1.080p dengan kerapatan hingga 441ppi. Namun sayangnya smartphone ini tidak didukung screen protector Gorilla Glass.

Sementara Asus Zenfone 2 (ZE551ML) hadir dengan layar lebih besar, yakni 5,5 inci berteknologi IPS Full HD 1.080p dengan kerapatan mencapai 402 ppi. Selain itu Zenfone 2 mengadopsi layar anti gores milik Corning Gorilla Glass 3.

Piranti

Pada ruang pacunya Xiaomi Mi4i ditenagai Snapdragon 615 Octa-Core SoC (System on Chip) Qualcomm. Kecepatan prosesor tersebut mencapai 2,8GHz (Quad Core 1.7GHz dan Quad Core 1.0GHz). Untuk mendukung performa dari prosesor, tersemat RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB, namun tidak didukung slot micro SD untuk memperluas ruang penyimpanan.

Asus Zenfone 2 (ZE551ML) hadir dengan memori internal lebih besar dari Xiaomi Mi4i. Pada dapur pacunya, Asus juga membekali prosesor lebih baik dari kompetitornya. Zenfone 2 ditenagai prosesor Intel Atom Quad Core dengan kecepatan mencapai 3.1 GHz (Quad Core 2,3GHz dan Quad Core 1.8GHz) dan telah mendukung sistem pengolahan 64-bit. Zenfone 2 tersedia dalam 3 versi penyimpanan, 16, 32, dan 64GB internal. smartphone ini juga didukung slot micro SD untuk ekspansi penyimpanan.

Sistem operasi

Pada sistem operasi, kedua handset ini sama-sama mnejalankan OS Android 5.0 Lollipop namun dengan kostumisasi yang berbeda. Xiaomi seri Mi4i hadir dengan antar muka MIUI 6 yang mirip dengan user interface dari iOs. Sedangkan ZenFone 2 mengusung sistem antarmuka Zen UI yang didukung juga oleh mitranya Cyanogen CM12. Sehingga Asus Zenfone 2 terlihat lebih elegan.

Kamera

Xiaomi Mi4i hadir dengan lensa kamera utama sebesar 13 megapiksel dengan fitur dual-tone LED flash, f / 2.0 aperture, auto-focus, HDR, sentuh fokus dan memiliki kemampuan merekam video full HD. Sementara di bagian depan, tersemat kamera beresolusi 5 megapiksel dengan sudut pandang hingga 80 derajat lensa wide-angle.

Tidak jauh berbeda dengan kamera yang digunakan Xiaomi Mi4i, Asus hadirkan lensa kamera utama sebesar 13 megapiksel dengan teknologi Pixel Master. Kensa kamera utamanya diklaim mampu menghasilkan foto terbaik berkat fitur Backlight (HDR) yang memiliki tingkat aperture besar yakni F/2.0. Pada kamera depan, ZenFone 2 didukung lensa kamera 5 megapiksel yang dapat membidik foto selfie dengan luas pandang 140 derajat.