Asus Zenfone 5 VS Redmi 2 Prime, Adu Kekuatan HP 1 Jutaan

Diposting pada

Zenfone 5 dan Redmi 2 Prime merupakan ponsel pintar kelas entry level yang baru saja hadir di pasar gadget Indonesia. Kedua smartphone dengan banderol harga satu jutaan ini datang dengan membawa beberapa kelebihan dan berbekal fitur-fitur menarik. Di pasar smartphone tanah air sendiri kedua perangkat ini banyak menjadi incaran para komsumen berkat spesifikasi mumpuni yang dibawa. Pada ulasan berikut, kami akan membandingkan spesifikasi yang tersemat pada ponsel pintar Asus dan vendor asal Cina, Xiaomi.

Baik Zenfone 5 dan Redmi 2 Prime hadir dengan mengadopsi ukuran layar yang berbeda-beda. Zenfone 5 hadir dengan mengusung layar lebih besar dari Redmi 2 Prime yakni 5.0 inci 720 x 1280 piksel dan memiliki kerapatan layar hingga ~294 ppi pixel density. Sementara Xiaomi Redmi 2 Prime mengusung ukuran layar yang lebih kecil yakni 4.7 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel dengan kerapatan ~312 ppi.

Untuk teknologi layarnya sendiri, keduanya hadir dengan teknologi layar IPS Capacitive Touchscreen yang mampu menciptakan warna hingga 16 juta. Perbedaan tampak pada lapisan pelindung anti gores yang digunakan. Asus Zenfone 5 hadir dengan menggunakan Corning Gorilla Glass 3, sementara Redmi 2 Prime berbekla proteksi AGC Dragontrail Glass.

Sektor Pacu

Di sektor pacunya, kedua smartphone terbaru Asus Zenfone 5 dan Xiaomi Redmi 2 Prime sudah dipersenjatai kekuatan dapur pacu yang gahar. mumpuni yang didukung sistem operasi dari Android. Asus Zenfone 5 hadir dengan menjalankan sistem operasi lawas yakni versi v4.3 (Jelly Bean). Sementara kompetitornya yakni Redmi 2 Prime mengadopsi OS yang lebih tinggi, Android versi v4.4.4 (KitKat).

Selanjutnya masuk ke dapur pacunya, Zenfone 5 dibekali kekuatan chipset Intel Atom Z2580 dan dipersenjatai oleh prosesor bertenaga Dual-core 2 GHz. Agar sektor grafis tampil maksimal, Asus menyematkan GPU PowerVR SGX544MP2 yang akan membuat tampilan tajam saat menampilkan gambar. Sedangkan untuk menunjang responsifitas, Zenfone 5 dilengkapi oleh memori RAM sebesar 2GB.

Sementara pada ruang pacu Redmi 2 Prime, Xiaomi mempersenjatai kekuatan prosesor lebih gahar dari pesaingnya yakni chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan prosesor berkekuatan Quad-core berkecepatan 1.2 GHz Cortex A53 dan pengelola grfais Adreno 306.

Sektor Kamera dan Konektifitas

Pada sektor fotografi tidak terdapat perbedaan yang sangat mencolok, Kedua perangkat tersebut sama-sama dibekali lensa bidik beresolusi 8 megapiksel pada kamera depan. Sementara untuk mendukung kegiatan selfie dan melakukan video chatting, keduanya dibekali kamera depan beresolusi 2 megapiksel.

Pada sektor konektifitas terdapat perbedaan yang mencolok. Redmi 2 Prime  menyematkan teknologi internet cepat 4G LTE, sedangkan Asus hanya membekali Zenfone 5 dengan jaringan 3G. Untuk mengakses internet di wilayah yang belum terjangkau jaringan 3G maupun 4G, kedua smartphone tersebut sudah berbekal jaringan data GPRS serta EDGE.

Memori dan Baterai

Selanjutnya masuk ke sektor penyimpanan internal kedua smartphone mumpuni tersebut berbekal storage internal yang cukup luas. Asus Zenfone 5 lebih unggul karena sudah ditunjang memori internal dengan tiga varian 8/16/32GB. Untuk memperbesar ruang penyimpanan, Zenfone 5 sudah didukung slot microSD hingga kapasitas maksimum 64GB. Sementara Xiaomi Redmi 2 Prime mengusung memori internal seluas 16 GB, yang dapat diekspansi menggunakan microSD hingga 32GB.

Baterai merupakan sektor terpenting untuk menunjang performa dari sebuah ponsel, di perbandingan kali ini Xiaomi Redmi 2 Prime lebih unggul karena sudah didukung baterai bersifat removable yakni jenis Li-Po dengan daya baterai 2200 mAh. Sedangkan Asus Zenfone 5 masih dibekali baterai bersifat Non-removable alias tidak dapat dilepas jenis Li-Po berkapasitas 2110 mAh.

Harga

Setelah mengulas tentang perbandingan spesifikasi dari kedua smartphone tersebut. Saatnya beralih ke sektor harga. Xiaomi melepas Redmi 2 Prime dengan harga yang lebih murah dari Asus Zenfone 5 yakni seharga Rp 1.799.000,- per unitnya. Sementara Zenfone 5 dilepas kepasaran tanah air dengan harga Rp 1.825.000,-.

Kesimpulan

Jika dilihat dari keseluruhan smartphone asal Cina Xiaomi Redmi 2 Prime lebih unggul ketimbang Asus Zenfone 5 baik dari segi spesifikasi maupun harga. Itulah tadi ulasan mengenai perbandingan antara Asus Zenfone 5 VS Redmi 2 Prime. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda saat memilih perangkat pintar smartphone.