Asyiknya Ngebakso Sambil Browsing Menggunakan Wifi Speedy Instan

Diposting pada

Saat ini internet merupakan kebutuhan bagi masyarakat, mulai kota besar sampai pelosok desa pun sudah banyak yang memanfaatkan teknologi ini. Apalagi bagi seorang internet marketing seperti saya, semua aktifitas yang saya lakukan sangat bergantung pada internet.

Nah, salah satu kendala saya adalah ketika berada diluar rumah seperti berada di area publik yang minim koneksi internet. Biasanya saya menggunakan data mobile GSM tapi koneksinya tidak begitu stabil, karena sinyal sering hilang. Sekarang sudah ada solusi ketika berada di luar rumah saat ngumpul bareng temen atau keluarga, dengan menggunakan fasilitas Wifi ID.

Oiya temen-temen sudah pada tahu belum apa itu Wifi ID ? Wifi ID merupakan salah satu layanan public internet berbasis teknologi WiFi/Hotspot yang disediakan milik TELKOM Group atau operator yang bekerjasama dengan PT. TELKOM. Intinya, Wifi ID ini fasilitas Wifi/Hotspot milik TELKOM.

Setahu saya sekarang ada 2 jenis yang bisa kita pakai yaitu Speedy Instan dan Speedy Instan 8108.

Speedy Instan Card merupakan kartu yang digunakan untuk berlangganan layanan Speedy Instan. Speedy Instan Card berisi deposit pulsa yang bisa digunakan untuk membeli paket layanan Speedy Instan. Jika deposit pulsa habis maka bisa diisi kembali dengan cara ditopup dengan pulsa isi ulang Speedy Instan.

Buat temen-temen yang di daerahnya susah mencari kartu @wifi.id bisa menggunakan Speedy Instan 8108 yang menurutku ini cara paling praktis dan cepat. Speedy Instan 8108 merupakan salah satu cara supaya kita dapat menggunakan internet via @wifi.id atau [email protected] Kita tinggal registrasi melalui sms dengan format NET<spasi>[Denominasi] kirim ke 8108 (Khusus pengguna Telkomsel dan Flexi). Contoh NET 5000 kirim ke 8108 biaya sms gratis.

Pengalaman memakai speedy instan 8108 pertama kali adalah saat makan bersama keluarga di Rumah Bakso yang ada di Jalan Arif Rahman Hakim Bandar Lampung. Sembari menunggu pesanan datang saya mencoba conect dengan @wifi.id yang ada disana. Setelah koneksi berhasil kemudian buka browser untuk masuk ke halaman @wifi.id yang di gunakan untuk login. Jika anda melakukan browsing dengan URL yang dituju dan belum melakukan login maka anda akan terhubung pada halaman “welcome page” dari @wifi.id tersebut.

Setelah masuk halaman tersebut lakukanlah sms dengan format yang sudah saya jelaskan diatas. Jika sms balasan sudah diteima masukkanlah username dan password anda pada halaman login tadi. Maka secara otomatis anda dapat langsung konek dengan jaringan @wifi.id dan bisa digunakan untuk browsing. Selain itu speedy instan 8108 juga dapat di isi ulang atau top up dengan cara kirim sms ke 8108 menggunakan format ADD<spasi>Denominasi kirim ke 8108 contoh ADD 5000 biaya sms gratis.

Sayangnya layanan Speedy Instan 8108 ini hanya bisa di nikmati oleh pelanggan Telkomsel dan Flexy saja. Semoga kedepannya para pengguna lintas operator bisa ikut menikmati layanan Speedy 8108. Jika layanan tersebut bisa lintas operator pasti bakalan punya banyak pelanggan, sebab  harganya sangat murah hanya dengan Rp.5000 kita sudah bisa menggunakan internet walau speednya tidak terlalu besar tapi kalau sekedar untuk browsing dan buka sosial media saya rasa sudah cukup.

Ok, setelah puas menggunakan Speedy instan 8108 lanjut dengan mencoba speedy instan card. Kali ini saya mencoba di salah satu Mall yang ada di Bandar Lampung bernama Mall Kartini. Ternyata di tempat ini banyak banget spot-spot @wifi.id yang bisa digunakan. Kartu Speedy Instan lumayan gampang di cari, sebab di mall ini banyak terdapat counter handphone yang menyediakan kartu tersebut.

Sekalian ah mau ngasih panduan cara pakai speedy instan card. Kemarin waktu beli speedy instan yang kartu dapet yang paket 1000 jam sponsored by Intel. Harga kartunya Rp.20.000 waktu beli di counter handphone. Tapi ternyata ada syarat dan ketentuannya hahahahahahaha……….

Rinciannya begini Kuota yang sebenarnya didapat Cuma 360 jam dan akan otomatis di tambah menjadi 720 jam setelah kita isi ulang sebesar Rp.15.000 kuota yang didapatkan unlimited. Dari promo di kartunya sih kecepatan bisa mencapai 10Mbps gile kalau dapat spot yang bagus bakalan seru nih buat download-download.

Penasaran ingin liat penampakan kartunya, monggo silahkan di lihat dibawah ini:

speedy instan card


Cara pakai Speedy Instan Card ini sangat mudah kok, sudah ada petunjuknya di kartu yang kita beli. Caranya :

–        Gosok kode password untuk melihat password kita

–        Hidupkan wifi laptop atau gadget kita, kemudian silahkan di connect ke wifi [email protected] atau @wifi.id

–        Jika sudah connect silahkan buka browser, akan muncul tampilan seperti dibawah ini

speedy instan

–         Kemudian pilih akses Speedy Instan (SPIN)

Setelah pilih akses, maka otomatis akan di redirect ke halaman ini :

speedy instan 2

Jangan login dulu, sebab jika langsung login masa berlaku kartu hanya bisa dipakai sehari saja. Sayang bangetkan kalau masa berlakunya hanya sehari. Makanya saya pilih Speedy Instan Komunitas saat masuk ke halaman ini, kebetulan disini saya pakai Speedy Instan Edisi Intel makanya screenshotnya pakai Speedy Instan Komunitas intel. Tampilan loginnya seperti ini :

speedy 2

Nah kalau sudah masuk ke halaman ini baru masukkan username dan password. Untuk Speedy Instan edisi komunitas yang lain bisa jadi tampilannya berbeda juga.

Jika sudah berhasil silahkan browsing sepuasnya. Koneksi dari Speedy Instan Card ini lumayan kencang lho…pengalaman ane sih speed downloadnya top banget bisa lebih dari 1MB. Buat yang doyan download dan streaming dijamin tidak akan menyesal memakai Speedy Instan.

Saran nih, sebelum connect wifi id sebaiknya cari spot yang signalnya bagus bagus ya biar aktifitas kita lancar. Buat yang suka download usahakan pakai software idm/torrent biar tidak sia-sia jika suatu saat koneksi disconnect.

Kalau ada yang kurang jelas atau pingin tahu lebih detail teman-teman bisa langsung saja buka www.indonesiawifi.com selain itu ada juga Customer Care / Helpdesk  di line telp 147 (call center) dan bisa via email ke alamat [email protected].

Pingin kasih masukan ke @wifi.id kalau bisa di perbanyak lagi spot-spotnya soalnya di Lampung hanya sebatas di kota saja spot seperti ini. Ketika berada di luar kota atau kabupaten-kabupaten masih sangat susah menemui spot @wifi.id. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi supaya Indonesia makin maju.

Semoga share pengalaman ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mencoba memakai Speedy Instan.