Ini Baru Beda, “BQ Aquaris M10” Tablet Pertama di Dunia Bersistem Operasi Ubuntu

Diposting pada

Aingindra.com –  BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition adalah Tablet yang mengusung OS Ubuntu dan merupakan Tablet yang pertama di dunia yang mengdopsi Ubuntu sebagai Sistem Operasinya. Para pecinta Linux pastinya sudah tidak asing lagi dengan Ubuntu, yang merupakan salah satu keluarga linux yang paling popular dan banyak sekali penggunanya, Ubuntu di pilih karena lebih mudah di operasikan yang menyediakan berbagai macam Applikasi yang cukup lengkap seperti OS Windows. Seharusnya ini b bisa menjadi kabar gembira bagi para pecinta Linux pasalnya pada tablet berukuran 10.1 Inch pengguna bisa merasakan semua fitur yang ada pada OS Ubuntu.

BQ Aquaris M10

Penggunaan layar pada tablet BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition sudah mengadopsi teknologi panel IPS (In-Plane Switching) beresolusi Full HD 1920 x 1200 pixels, yang mana dengan resolusi tersebut akan menampilkan sebuah gambar yang jernih sangat cocok bagi pengguna yang ingin menikmati segala konten tontonan Video dan gaming, yang juga akan menunjang semua kegiatan pekerjaan pengguna. Kemudian pada segi performa sendiri tablet Ubuntu ini lebih mengandalkan chipset MediaTek MT8163A yang di sokong dengan processor Quad Core 1.5 Ghz dengan dukungan RAM 2GB. Kemudian untuk urusan penyimpanan internal disediakan kapasitas bebas berkapasitas 16GB yang juga bisa diperluas hingga 64GB.

Jika di lihat dari spesifikasi yang di tawarkan tersebut bisa di bilang BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition cukup mumpuni, sehingga akan lancar dalam menjalankan Sistem operasi Ubuntu dengan responsive. Namun tidak hanya sampai disitu saja, BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition telah di tanamkan batry yang lumayan besar yakni Li-Po berkapasitas daya 7.280 mAh sehingga dengan ukuran baterai tersebut pengguna bisa dengan nyaman menikmati segala konetn video atau kegiatan lainnya tanpa khawatir akan kehabisan battery dengan cepat. Agar pengguna lebih merasakan pengalaman berbeda ketika menikmati multimedia Tablet Ubuntu ini telah di bekali dengan fitur Dolby Atmos yang akan mengahsilkan suara yang bulat dan jernih.

Fitur lainya pun di sediakan dan bisa di bilang sangat lengkap seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth, port HDMI, dan sudah mendukung USB OTG. Namun yang disayangkan sekali BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition tidak mendukung koneksi jaringan data Selluler sehingga ketika pengguna ingin menikmati kegiatan yang terhubung internet hanya mengandalkan koneksi Wi-Fi. Namun untuk menutupi semua kekurangan tersebut lagi-lagi ubuntu memberikan keunggulan yakni bisa digunakan sebagai perangkat computer, caranya hanya mengubungkan tablet ini ke monitor via Port HDMI dan agar bisa menggunakan Keyboard atau Mouse lewat koneksi Bluetooth.

BQ Aquaris M10 2

Tak ketinggalan untuk fitur fotografinya pun cukup lengkap diantaranya menamkan kamera utama berukuran 8MP dengan di lengkapi berbagai fitur seperti Autofocus dan bagi yang doyan selfie telah tersedia kamera depan berukuran 5MP. Bisa melakukan rekam Video dengan kaulitas optimal beresolusi Full HD (1080p). untuk bodynya sangat tipis jadi terlihat elegan dan minimalis dan juga bobotnya hanya seberat 470 gram.

BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition ini hanya baru tersedia di Negara Spanyol,  jadi bisa di bilang tidak akan di pasarkan di tanah air. untuk harganya sendiri Tablet Ubuntu ini di banderol seharga 250 Euro atau sekitar Rp 3,7 jutaan. Menurut kabar yang di dapat tablet ini akan tersedia secara global lewat situs resmi miliknya pada tahun 2016 ini. jadi bagi anda yang berminat untuk memiliki Tablet bersistem operasi Ubuntu bisa memsannya di https://store.bq.com/gl secara Online.