BlackBerry Playbook

Diposting pada
Research In Motion (RIM) memperkenalkan tablet BlackBerry PlayBook, sebelum nantinya akan diluncurkan untuk pasar Indonesia.
Tablet perdana dari RIM tersebut sudah diluncurkan di Amerikat Serikat (AS) dan Kanada sejak pekan lalu (19/4), untuk wilayah Asia Tenggara akan segera menyusul, namun waktu tepatnya belum diumumkan.
“PlayBook yang kami perlihatkan ini bukanlah versi final sama seperti yang sudah diluncurkan di AS dan Kanada,” ujar Oliver Pilgestrofer, Senior PR Manager, Southeast Asia, RIM.
Untuk Indonesia sendiri kami belum bisa mengumumkan kapan tablet ini akan diluncurkan,” katanya di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Senin (25/4/2011).
Oliver menjelaskan bahwa BlackBerry Playbook memakai sistem operasional BlackBerry Tablet OS yang berbasis pada QNX Neutrino.
“Tablet ini dirancang untuk melakukan multi-tasking untuk kaum profesional dan perusahaan,” jelas Oliver.
PC tablet BlackBerry Playbook memiliki layar sentuh LCD 7 inci, prosesor dual core 1 GHz dan RAM 1GB.
Koneksi internet di BlackBerry PlayBook menggunakan Wi-Fi 802.11. Lalu apabila menjadikan ponsel BlackBerry sebagai modem Playbook, maka koneksi yang dipakai adalah 3G.
“Untuk kamera, PlayBook menyediakan kamera 5MP kualitas HD di bagian belakang dan kamera 3MP di bagian depan,” katanya.
Karena mendukung Adobe Flash 10.1 dan HTML5, tampilan situs internet yang dibuka oleh BlackBerry Playbook bukanlah versi mobile, melainkan versi web.
“Untuk yang nanti duluncurkan ada tiga versi yakni PlayBook dengan kapastitas penyimpanan 16GB, 32GB dan 64GB,” ungkap Oliver.
“Untuk harga di Indonesia belum bisa kami informasikan, namun di AS sendiri PlayBook 16GB dijual dengan harga USD499, 32GB seharga USD599 dan 64GB seharga USD699,” tambahnya.
Oliver mengatakan bahwa RIM belum memiliki rencana maupun target pasar PlayBook untuk Indonesia. “Masih terlalu dini untuk menjawab hal tersebut, di AS sendiri PlayBook baru sepekan diluncurkan,”
Ketika ditanya mengenai rencana kerjasama dengan operator lokal untuk layanan internet di PlayBook, Oliver juga belum bisa menjawab.
techno.okezone