Browser Firefox Terbaru, Hadir dengan Fitur Video Call

Diposting pada

Mozilla yang lebih dikenal dengan aplikasi browser Firefox, baru-baru ini merilis versi terbaru, Firefox 35. Pada versi ini, Mozilla memanfaatkan fitur WebRTC atau Real-Time Communcation untuk fitur panggilan video yang dinamakan Hello.

Pada fitur terbarunya ini, memungkinkan pengguna dari browser Firefox dapat melakukan panggilan suara maupun panggilan video (video calling) dengan pengguna lain, Yang juga didukung oleh aplikasi WebRTC pada browser-nya.

WebRTC adalah standar terbuka yang diadopsi oleh W3C (World Wide Web Consortium) sebuah konsorsium yang mengatur sistem pengkode-an yang dapat digunakan pada penyusunan halaman web WebRTC ini dapat sematkan pada halaman web berbasis HTML5, dimana fitur WebRTC ini nantinya memungkinkan bagi sebuah halaman web untuk memiliki fitur panggilan suara dan video saat ditampilkan.

Seperti yang dikutip ComputerWor, jika akan menggunakan fitur Hello ,pengguna harus terlebih dahulu login akun Firefox dan tak lupa meng-update versi browser tersebut ke versi 35.

Cara kerja fitur hello adalah dengan mengirim tautan lewat e-mail ke lawan bicara yang dituju. Ketika sipenerima mengklik tautan tersebut maka secara otomatis akan tersambung dan melakukan telekomuniksi secara real time. Fitur ini hadir berkat kerjasama antara Mozilla dan Telefonica dan pengembang dari teknologi TokBox yang lebih dulu memanfaatkan teknologi WebRTC.

Jika Anda ingin mencoba fitur terbaru dari Mozilla ini, Anda dapat mengunduh Mozilla Firefox terbaru pada tautan berikut. Namun jika aplikasi peramban tersebut telah terpasang di komputer atau laptop yang Anda miliki. Anda dapat melakukan pembaruan dengan cara klik menu Help lalu arahkan ke bagian About Firefox. Maka aplikasi browser tersebut akan melakukan pembaruan secara otomatis.