Cara Hapus Cache di Android dengan Clean Master

Diposting pada

Android memang memiliki performa yang maksimal untuk digunakan. Namun android tetaplah memiliki batas maksimal. Nah, biasanya orang awam lupa akan hal ini. Pengguna android awam biasanya menjalankan aplikasi-aplikasi secara banyak dan bersamaan. Terkadang hal tersebutlah yang membuat performa menurun. Selain itu, cache atau file sementara terkadang masih ada di ponsel dan pengguna jarang membersihkannya.

Cache memang salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna gadget ataupun alat elektronik seperti laptop dan komputer. Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menghapus cache yang tidak penting. Di android sendiri ada yang bernama Clean Master, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk bermacam-macam keperluan, salah satunya menghapus cache. Nah, langsung saja kita bahas bagaimana cara hapus cache di android dengan clean master dibawah ini.

1. Langkah pertama, ponsel Anda harus sudah terinstall aplikasi Clean Master. Jika belum terinstall, Anda bisa mendapatkannya di Google Play. Buka aplikasi tersebut melalui ponsel Anda.

Cara Hapus Cache di Android

2. Tampilan awal akan seperti dibawah ini. Silahkan klik Junk Files untuk memulai scanning.

Cara Hapus Cache di Android

3. Nah, pada langkah ini aplikasi akan scanning cache yang ada pada ponsel Anda.

Cara Hapus Cache di Android

4. Dibawah ini merupakan beberapa cache ataupun file lainnya yang ada di ponsel Anda. Anda bisa memilih dengan mencentang file-file yang ingin Anda hapus. Jangan pernah menghapus file yang masih Anda butuhkan. Jika sudah, silahkan Anda klik Clean untuk membersihkan.

Cara Hapus Cache di Android

5. Proses pembersihan dimulai secara otomatis dan silahkan Anda tunggu hingga selesai.

Cara Hapus Cache di Android

6. Jika proses sudah selesai, maka akan tampil seperti dibawah ini. Terdapat keterangan berapa ukuran file yang telah dihapus.

Cara Hapus Cache di Android

Menghapus cache ini haruslah cukup sering untuk memaksimalkan ponsel Anda. Saya sarankan Anda menghapus cache 3 hari sekali atau seminggu sekali. Sebenarnya, apa saja manfaat dari menghapus cache? Berikut ini beberapa meanfaat menghaus cache.

Manfaat Menghapus Cache

– Kinerja ponsel akan lebih maksimal dengan menghapus cache.
– Menghapus file-file yang kurang penting.
– Menghemat memori penyimpanan yang nantinya akan lebih luas, karena file cache telah dihapus.