Cara Instal Aplikasi Android di BlackBerry Z3

Diposting pada

BlackBerry secara resmi telah mempublikasikan senjata terbaru smartphone berbasis BlackBerry OS versi 10.2.1 di pasar gadget Indonesia. Yang menjadi keunggulan dari handset terbaru garapan vendor asal Waterloo, Kanada ini adalah mampu menjalankan aplikasi dan game milik kompetitornya, yakni file APK Android.

Dengan BlackBerry Z3 penggunanya dapat langsung meng-instal atau memasang aplikasi dengan format APK tanpa harus meng-konvertnya terlebih dahulu menjadi file BAR karena BlackBerry Z3 sudah didukung Android Runtime versi 4.2.2 Jelly Bean. Namun permasalahanya tidak semua pengguna BlackBerry Z3 dapat memasang aplikasi berbasis Android pada perangkatnya. Untuk membantu pengguna perangkat tersebut yang masih bingung bagaimana cara memasang aplikasi Android di BlackBerry Z3, berikut langkah-langkah yang harus dijalankan.

Cara Mudah Memasang Aplikasi dan Game Android di BlackBerry Z3
  • Langkah pertama buka browser bawaan pada BlackBerry Z3, kemudian unduh aplikasi atau game Android dengan format APK di Slideme.org atau di situs toko online terbesar Amazon.
  • Setelah proses download file APK selesai, Anda dapat langsung meng-instal aplikasi atau game pilihan Anda dengan menekan file APK tersebut.
  • Jika Anda memiliki perangkat PC, Anda dapat mengunduh file APK dari perangkat tersebut atau jika memiliki smartphone Android anda tinggal mentransfernya melalui bluetooth atau memindahkanya ke memori BlackBerry Z3.
  • Kemudian buka aplikasi file manager yang terdapat di BlackBerry Z3 dan cari file APK yang tadi dipindahkan, kemudian instal file APK tersebut.
  • Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga bernama 1Mobile Market. Dengan aplikasi tersebut pengguna BlackBerry Z3 akan mendapatkan fitur-fitur layaknya toko aplikasi dan game Android Google Play Store.

Meskipun BlackBerry Z3 dapat menjalankan aplikasi berbasis Android, namun tidak semua aplikasi atau game yang dipasang pada BlackBerry Z3 akan berjalan lancar, terkadang masih terdapat sedikit lag atau tersendat saat menjalankanya, namun hal tersebut tidak terlalu bermasalah mengingat Blackberry tidak memiliki sistem operasi yang sama seperti OS Android.