Cara Memainkan Video dengan Format VOB di Android

Diposting pada

Video dengan Ekstensi VOB merupakan format video yang bisa kita jumpai pada media DVD-Video. Di dalam file tersebut biasanya berisi subtitle, audio, video, dan isi menu yang digabungkan menjadi satu. Namun sayangnya jenis video ini tidak dapat diputar oleh pemutar video bawaan dari perangkat pintar berbasis Android.

Namun jangan khawatir, jika Anda gagal memainkan file berekstensi .VOB, solusinya adalah memasang aplikasi pemutar video pihak ketiga bernama WonderShare Player yang bisa Anda dapatkan di toko aplikasi Google Play melalui perangkat Android yang Anda miliki. Untuk mempermudah, Anda dapat mengunduh aplikasi WonderShare Player dengan ukuran file sekitar 17 MB melalui tautan berikut. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wondershare.player

Aplikasi pemutar video garapan Wondershare Software Co., Ltd. ini telah diunduh oleh pengguna Android mencapai 1 – 5 juta pemasangan di Play Store. Selain mampu memainkan video dengan format .VOB di perangkat Android, WonderShare Player juga dapat memutar banyak file seperti FLV, AVI, MKV, WMV, MOV, RM, RMVB, ASF, M2TS, MP3, WMA, AAC, FLAC, M2TS, F4V, 3GP, dan format lainnya.

WonderShare Player juga memiliki beberapa fitur unggulan seperti terintegrasi dengan situs video sharing terbesar yakni Youtube. Dengan aplikasi ini Anda dapat menonton dan mencari video favorit dan memutarnya melalui WonderShare Player. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengunduh video dari situs-situs seperti CNN, NY Times, Ted Talk dan sebagainya. Untuk tata cara penggunaan dan pengaturan WonderShare Player, berikut langkah-langkah yang harus diterapkan.

Cara Membuka Video VOB di Android

1. Langkah pertama tentunya aplikasi WonderShare Player telah terinstal di ponsel yang Anda miliki.

Cara Memainkan Video dengan Format VOB di Android 1

2. Jalankan WonderShare Player, dan Anda akan dihadapkan pada tampilan folder-folder seperti tampilan saat membuka file manager. (seperti gambar dibawah).

Cara Memainkan Video dengan Format VOB di Android 1

3. Untuk dapat memainkan file video dengan Ekstensi VOB, Anda harus melakukan pengaturan decoding terlebih dahulu pada menu settings dengan cara menekan menu “Local” dan tap “icon gear” yang berada dipojok kanan atas seperti pada gambar dibawah.

Cara Memainkan Video dengan Format VOB di Android 1

4. Kemudian Anda akan dihadapkan pada beberapa opsi pengaturan seperti Scan Multimedia File Folder, Playback dan sebagainya. Silakan pilih opsi “Decoding Mode”.

Cara Memainkan Video dengan Format VOB di Android 1

5. Pada menu “Decoding Mode”, Anda akan dihadapkan pada banyak format video yang didukung oleh WonderShare Player. Pilih format video dengan format “VOB”.

Cara Memainkan Video dengan Format VOB di Android 1

6. Kemudian Akan muncul popup “Select the decoding mode” dengan tiga pilihan antara lain Auto, Hardware decoding dan Software decoding. Pilih opsi “Auto”. Selesai, mudah bukan.

Cara Memainkan Video dengan Format VOB di Android 1

Perangkat Android Anda sudah siap digunakan untuk memutar video-video dengan Ekstensi VOB. Sampai disini ulasan tentang cara memainkan file video VOB pada Android. Semoga Bermanfaat dan selamat mencoba.