Cara Memperbaiki Wifi Yang Bermasalah Pada Laptop

Diposting pada

Tak dapat dipungkiri konektivitas saat ini dirasa memang telah menjelma sebagai salah satu kebutuhan penting, terlebih dengan hadirnya banyak smartphone dengan dukungan teknologi 4G LTE membuat koneksi menjadi begitu penting.

Kini hanya dengan bermodalkan smartphone anda dapat dengan mudah menggunakan koneksi tersebut di perangkat Laptop/Notebook milik anda untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal tersebut tentu sangat memudahkan para pengguna dalam hal pekerjaan.

Namun terkadang masalah WiFi menjadi kendala tersendiri, terlebih mengingat deadline pekerjaan yang seharusnya dapat selesaikan secepatnya kini harus tertunda lantaran masalah Wi-Fi di Laptop/Notebook.

Lantas apa yang harus dilakukan jika turut terjadi hal serupa? Sebenarnya hal tersebut bukanlah masalah besar yang mengharuskan anda untuk melakukan service dan sebagainya, bahkan hal ini terbilang sepele karena ada beberapa masalah saja dibagian Networking Laptop.

Nah bagi anda yang mengalami hal serupa atau untuk sekedar pengalaman ada baiknya disimak beberapa langkah maupun tips cara mudah mengatasi WiFi Laptop yang bermasalah.

1. Cek Ulang WiFi di Laptop Anda

Ya langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengecek ulang WiFi Laptop anda apakah sudah dalam kondisi ON atau masih OFF.

Terkadang tanpa sadar kita dipusingkan dengan masalah Wi-Fi yang bahkan sering dianggap rusak, padahal pada kenyataannya hanya kondisi Wi-Fi OFF semata sehingga Laptop tak dapat digunakan untuk browsing.

2. Cek Modem WiFi dan Password

Masih sama dengan yang diatas, rasanya anda harus mengecek ulang lagi Wi-Fi dari sumber konektivitas anda. Maksutnya jika anda menggunakan smartphone android untuk menyalurkan konektivtias cek dulu apakah tethering hotspot juga telah dinyalakan atau belum.

Tak hanya itu, anda juga perlu mencocokan password dari pusat dan laptop anda apakah sudah benar atau belum.

3. Tombol Wi-Fi Rusak

Bagi anda yang mengalami kondisi dimana tombol Wi-Fi anda rusak dimana biasanya digunakan Fn+F2 untuk menghidupkan Wi-Fi tentu tak perlu ambil pusing, pasalnya ada cara lain untuk mengaktifkan Wi-Fi meski tombolnya rusak, berikut caranya:

– Masuk ke menu Control Panel di Laptop Anda

– Kemudian pilih menu “Network and Sharing Center”.

Cara Memperbaiki Wifi Yang Bermasalah Pada Laptop

– Di kolom sebelah kiri, pilih “Change adapter settings”.

Cara Memperbaiki Wifi Yang Bermasalah Pada Laptop

– Pilih adapter WiFi kamu, lalu klik “Enable this network device”.

Cara Memperbaiki Wifi Yang Bermasalah Pada Laptop

Nah setelah dicek, seharusnya Wi-Fi di laptop anda sudah kembali normal dan dapat mendetek jaringan konektivitas dari beberapa sumber. Namun jika masih saja bermasalah simak tips ke 4.

4. Driver Bermasalah

Jika langkah 3 telah kita lakukan dan masih tetap bermasalah dugaan awal yakni Driver Wi-Fi anda tengah dalam kondisi bermasalah. Hal ini memang acap kali terjadi, karena memang beberapa file yang ada di Driver belum terinstall sempurna ataupun terjangkit virus.

Hal yang dapat anda lakukan yakni melakukan re-install atau install ulang Driver Wi-Fi anda. Salah satunya dengan menggunakan CD bawaan saat anda membeli Laptop tersebut atau anda juga bisa mengunduh beberapa software yang dapat memudahkan anda dalam hal membereskan masalah ini salah satunya yakni Speccy.