Cara Mengatasi Google Chrome Crash

Diposting pada

Aingindra.com – Bagi anda baik para pengguna Smartphone maupun perangkat PC Komputer maupun Laptop tentu terkadang dan mungkin tak asing dengan browser yang satu ini yakni Google Chrome. Ya browser yang satu ini memang melejit seiring dengan embel-embel nama besar Google serta performa yang ditawarkannya.

Namun sayang baru-baru ini hampir semua browser seringkali mengalami crash tak terkecuali dengan Google Chrome yang notabene merupakan produk besutan dari raksasa internet saat ini. Tentu hal tersebut dapat menghambat para pengguna untuk menjelajah terlebih mencari informasi yang bersifat urgent, dan sedikit membuat kesal para pengguna.

Padahal space ruang di perangkat kita terbilang masih sangat cukup luas untuk hanya sekedar menchace maupun menjalankan browser tersebut. Namun yang pasti kendala tersebut sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman bagi para pengguna.

Nah bagi anda yang mungkin mengalami hal serupa tak ada salahnya untuk menyimak beberapa informasi mengenai cara mengatasi Google Chrome crash berikut ini:

Cara Mengatasi Google Chrome Crash

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memutakhirkan Google Chrome dan menjegah browser tersebut untuk tidak Crash kembali.

Menghapus File Local State

File Local State yang menyimpan beberapa custom setting. Liihat apakah cara ini dapat mengatasi masalah crash tersebut. Untuk menghapus Local State, lakukan langkah berikut ini:

Bagi anda yang tengah membuka Browser Google Chrome harap ditutup terlebih dahulu karena akan terjadi warning jika tetap dibuka.

Masuk ke menu “Open Windows Explorer” Melalui Klik Kanan pada panel “Start“, lihat gambar dibawah ini:

Cara Mengatasi Google Chrome Crash

Selanjutnya ketikan “%USERPROFILE%\AppData\Local\Google\Chrome\User Data”(tanpa tanda petik) pada address bar dibagian halaman explorer.

Cara Mengatasi Google Chrome Crash

Selanjutnya anda akan dihantarkan ke halaman yang penuh dengan folder dan file,temukan jenis dan nama file “Local State.” lalu delete/hapus file tersebut.

Cara Mengatasi Google Chrome Crash

Kemudian Buka kembali browser Chrome. Lihat apakah masalah sudah teratasi atau belum

Periksa Ekstensi Flash

Chrome yang crash bisa jadi disebabkan karena ekstensi flash. Untuk memeriksanya:

  • Buka browser Chrome
  • Ketikkan perintah about:plugin di address bar
  • Carilah kata ‘Flash’ kemudian klik Disable
  • Restart Chrome.