Cara Menghapus Kontak Duplikat di Android

Diposting pada

Aingindra.com – Tentunya anda pernah mengalami dimana kontak ponsel anda mengalami duplikat atau ganda, iya hal tersebut memang sering sekali terjadi terlebih lagi ketika and melakukan reset factory pada smartphone android anda kemudian melakukan sinkronisasi dengan kartu SIM baru.

Nah ketika kontak anda berjumlah ratusan tentunya akan sangat memberatkan sekaligus tak cukup efektif untuk menghapus satu persatu kontak yang telah terduplicat tersebut. Tak cukup sampai disitu tentu hal tersebut merupakan kegiatan yang sangat membosankan.

Namun bagi anda yang mengalami hal serupa rasanya tak cukup risau, pasalnya admin akan menghadirkan beberapa tips maupun langkah mengenai cara menghapus kontak duplikat di android dengan hanya beberapa sentuhan ajaib di layar ponsel anda.

Cara Menghapus Kontak Duplikat di Android

Langkah pertama yang harus anda lakukan yakni dengan melakukan backup data baik kontak maupun file dokumen lainnya yang dirasa penting tentunya untuk menjaga jika ada hal yang tak berese saat melakukan penghapus kontak duplikat tersebut.

Yups anda dapat melakukan penghapusan kontak yang duplikat tersebut melalui ponsel anda secara langsung. anda akan dibantu dengan beberapa fitur bawaan dari perangkat seluler dengan sistem operasi android yakni “merge” ataupun dengan “menggabungkan” melalui kontak bawaan. Fitur ini memang memiliki kelebihan dengan memindai hampir semua kontak dan kemampuan untuk menghapus kontak yang terduplikat melalui nomor ataupun alamat email.

Untuk melakukan penghapusan tentunya anda harus mengakses layanan “aplikasi contacs” dan selanjutnya pilih “Menu”. Pilih “Merge Accounts” dan tunggu hingga ada tulisan “Merge From Google” pilih dan tekan “OK”. Meskipun demikian anda para pengguna smartphone android harus mengetahui tak semua kontak yang terduplikat dapat diihapus secara permanen karena cara kerja dari fitur ini hanyalah menggabungkan akun kontak yang kemudian dihapus kontak duplikatnnya.

Cara Kedua yakni anda dapat menghapus banyak kontak terduplicat hanya dengan mealui Gmail. Seperti yang diketahui Gmail memiliki fitur sinkronasi otomatis yang memungkinkan anda melakukan backuup data tanpa harus melalui cara manual.

Bagi anda yang mengaktifkan fitur sinkronisasi di Gmail tentunya akan sangat mudah untuk melakukan proses penghapusan duplicat pada kontak. Cara yang biasa digunakan yakni dengan melalui menu “Contacts”, Lalu klik “More” yang terletak di layar, klik “Find duplicates”.

Selanjutnya tunggu hingga anda ditampilkan beberapa kontak yang terduplikasi pada ponsel android anda. Untuk menghapusnya cukup centang pada box ataupun kotak, lalu pilih “Merge” dan tunggu hingga prosesnya selesai.