Cara Mudah Mengetahui Perangkat Android Sudah Di Root atau Belum

Diposting pada

Rooting merupakan istilah pada OS Android yang memungkinkan penggunanya mendapatkan akses penuh, mengubah, menghapus, menambah bahkan merusak semua yang berada di dalam sistem operasi tersebut. Sebagai contoh banyak aplikasi seperti widget dan lain sebagainya yang membutuhkan hak-hak penuh (Root).

Menurut informasi yang ada, kabarnya sebagian produsen smartphone mulai memberikan batasan garansi untuk perangkat pintar yang sudah di root. Jika perangkat smartphone atau tablet sudah di root, maka garansi dari perangkat tersebut tidak berlaku alias hangus.

Mungkin sebagian orang yang membeli handset second ingin mengetahui apakah smartphone tersebut sudah diroot atau belum. Untuk mengetahui hal tersebut, pengguna dapat melihatnya dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama “ROOT CHECKER BASIC“. Agar lebih meyakinkan pengguna dalam membeli ponsel bekas, berikut langkah-langkah yang harus dipahami.

– Langkah pertama unduh dan Instal aplikasi bernama ROOT CHECKER BASIC melalui toko aplikasi Android, Google Play pada perangkat yang kamu miliki.

– Setelah proses diatas selesai buka aplikasi tersebut, klik tombol Verify Root.

– Tunggu sebentar hingga proses pengecekan selesai.

Jika perangkat Android sudah dalam keadaan di Root, maka akan tampil notifikasi “Congratulations! This device has root access! seperti gambar dibawah.

Cara Mudah Mengetahui Android Sudah Di-root atau Belum

Namun jika perangkat belum dalam keadaan root, maka pemberitahuan berwarna merah bertuliskan “Sorry! This device does not have proper root access” seperti gambar berikut.

Cara Mudah Mengetahui Android Sudah Di-root atau Belum

Demikian cara Mudah Melihat apakah perangkat Android seperti smartphone, phablet, tablet berbasis Android Sudah dalam keadaan root atau Belum. Untuk melihat seputar informasi teknologi terkini, Anda dapat mengakses www.aingindra.com.