Cara Mudah Menghapus Seluruh Data di Smartphone Android

Diposting pada

Hal paling penting sebelum menjual perangkat Android seperti smartphone, phablet atau tablet adalah keseluruhan data yang tersimpan didalamnya, baik itu foto-foto pribadi, dokumen penting, password atau kata sandi akun media sosial dan lain sebagainya. Untuk memastikan agar keseluruhan data-data tersebut tidak bocor, ada baiknya untuk para pengguna perangkat berbasis Android melakukan langkah-langkah berikut sebelum menjualnya.

Melakukan factory reset tidaklah cukup untuk menghapus seluruh data yang tersimpan. Menurut riset yang diterbitkan Avast, factory reset tidak menjamin seluruh informasi dan data yang sudah terhapus akan hilang selamanya. Avast juga melaporkan informasi dan data yang telah terhapus, memungkinkan untuk dikembalikan. Untuk mencegah hal tersebut berikut Cara Mudah Menghapus Seluruh Data di Smartphone Android.

1. Buat sebuah PIN atau kata sandi terlebuh dahulu melalui security->screen lock yang ada di menu pengaturan. Pastikan Anda mengingat kata sandi yang telah dibuat. Karena setiap kali Anda menyalakan perangkat Android, Anda diminta untuk memasukan kata sandi tersebut.

Cara Mudah Menghapus Seluruh Data di Smartphone Android

2. Setelah langkah di atas selanjutnya masuk ke security-> encrypt phone untuk melakukan enkripsi memori internal pada perangkat Anda. Proses enkripsi storage akan memakan waktu tergantung berapa besar kapasitas penyimpanan pada perangkat yang Anda Gunakan. Sebelum Proses enkripsi storage dilakukan, perhatikan daya baterai. untuk menghindari interupsi, jangan melakukan enkripsi pada saat baterai drop.

Cara Mudah Menghapus Seluruh Data di Smartphone Android

3. Setelah proses diatas selesai, jalankan factory reset dengan mengunjungi setting ->back up & reset-> reset factory setting.

Cara Mudah Menghapus Seluruh Data di Smartphone Android

4. Untuk memastikan informasi dan data-data yang tersimpan tidak dapat dikembalikan. silakan isi lagi perangkat Android Anda dengan data-data lain yang tidak penting hingga penuh. Selanjutnya lakukan enkripsi lagi dengan mengulangi langkah-langkah diatas. Dengan mengisi lagi Android Anda dengan data-data lain secara berulang, maka data baru tersebut akan menimpa jejak data sebelumnya sehingga memungkinkan makin sulit untuk mengembalikan informasi dan data lama.