Cara Mudah Menghapus Virus Shortcut

Diposting pada

Aingindra.com – Cara Mudah Menghapus Virus Shortcut yang Bandel di Komputer atau Laptop. Bagi anda para pengguna perangkat komputer tentu tak asing lagi dengan gangguan yang sering terjadi akibat virus yang menyusup kedalam sistem komputer kita.

Dari beberapa virus komputer yang sering hadir menyusup kedalam perangkat kita yang paling bandel yakni Virus Shortcut. Ya virus ini bisa dikatakan gampang-gampang susah dan sangat menjengkelkan karena pada dasarnya sistem kerja virus ini merusakan dokumen-dokumen yang akan kita gunakan.

Dokumen tersebut tiba-tiba berubah ukuran menjadi hanya 1kb atau 2kb saja dan tak dapat dibuka karena menjadi shortcut, hal tersebut yang turut menjadikan virus tersebut sebagai virus shortcut.

Kebanyakan virus shortcut menyusup ke perangkat kita melalui flashdisk yang tentu kita tau kebersihannya tak dapat dihindari terlebih lagi sistem body guard atau antivirus diperangkat kita yang mungkin kurang update sehingga tak mampu mendeteksi virus jenis baru yang masuk ke system komputer.

Alhasil terkadang performa komputer maupun laptop menjadi lemot dan bahkan tak jarang dokumen-dokumen yang tersimpan hilang dengan sendirinya atau tak mau dibuka, lantas bagaimanakah cara menanggulanginya?

Nah bagi anda yang memiliki permasalahan yang sama seperti diatas dan ingin mencobanya berikut ada satu cara mudah dimana langkah ini menggunakan perintah CMD untuk mendeteksi sekaligus menghilangkan virus shortcut tersebut.

Cara Mudah Menghapus Virus Shortcut

Langkah pertama yang harus anda lakukan  yakni dengan masuk ke menu “Command Prompt” melalui perintah “Logo Windows + R” diperangkat anda.

Menghapus virus shortcut dengan CMD

Sebelumnya kita telah melakukan scan lokasi terhadap keberadaan virus shortcut tersebut. Nah saat program cmd telah terbuka selanjutnya isi form tersebut dengan huruf “C:” sebagai tanda jika virus tersebut bersembunyi di Local C atau keti “D:” jika berada di “D” selanjutnya tekan enter.

Menghapus virus shortcut dengan CMD

Selanjutnya ketikan perintah berikut ini ke bagian bawah: attrib -s -h -r /s /d  , kemudian tekan enter.

Menghapus virus shortcut dengan CMD

Tunggu sistem memproses untuk penghaspusan virus hinggga muncul kembali lokasi drive anda. Nah kelar deh, sekarang komputer anda bebas dari virus shortcut tersebut. Selamat mencoba