Cara Mudah Merubah Jaringan Edge Menjadi HSPA/H+ di Android

Diposting pada

Aingindra.com – Saat ini perangkat seluler atau lebih dikenal dengan smartphone sudah bermetamorfosa sebagai salah satu kebutuhan akan komunikasi, tak pelak berbagai inovasi teknologi terus digalakan terlebih dengan hadirnya jaringan cepat 4G LTE.

Tentunya hampir semua smartphone android saat ini dan mungkin termasuk punya anda telah dibekali dengan teknologi jaringan terbaru yakni 4G LTE. Jaringan baru ini dikalim memiliki kemampuan dalam menjelajah yang lebih cepat ketimbang 3G HSDPA/HSPA/H+, tentu hal tersebut sangat menggembirakan terlebih lagi kini pemerataan jaringan 4G LTE tengah digenjot.

Bahkan sebagian para pengguna smartphone android kini telah merasakan jaringan tersebut namun tentu hanya dibeberapa daerah saja belum untuk cakupan semua wilayah tanah air.

Namun terkadang para pengguna ponsel android masih saja mengeluhkan akan jaringan yang tak stabil, hal tersebut tentu dapat di maklumi pasalnya bisa jadi pihak provider tengah mengalami overload atau tengah memperbaiki infrastruktur jaringannya. Tapi hal lain juga dapat menyebabkan konektivitas yang tak stabil salah satunya yakni setting di smartphone android anda.

Terkadang kita sering menemui dikala signal bagus terlihat HSDPA, H+ 3G namun kadang juga berubah menjadi Edge, lantas apakah yang menjadi penyebab masalah tersebut dan bagaimana cara merubah jaringannya agar tetap stabil.

Nah bagi anda yang mengalami hal serupa, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa langkah berikut ini:

Cara Mudah Merubah Jaringan Edge Menjadi HSPA/H+ di Android

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan fitur cek pulsa. Buka papan tombol dari ponsel anda kemudia ketik “*#*4636#*#*” kemudian “Panggil”.

Selanjutnya anda akan dihantarkan ke pilihan setting, dan pilih “Informasi Telepon”

Anda akan dibawa ke papan informasi seputar ponsel anda dimana IMEI perangkat anda tertera, selanjutnya pada menu “Setelan jenis jaringan yang disukai” lalu tertera “WCDMA Preferred”.

Nah pada mode diatas yakni “WCDMA Preferred”, jaringan anda akan mengalami perubahan seiring dengan kestabilan koneksi jaringan diwilayah anda  yang mengakibatkan jaringan anda sering berubah EDGE, 3G, HSPA dll.

Jika anda memilih jaringan dengan mode “WCDMA Only” maka konektivitas di ponsel anda akan lebih stabiil dan tetap pada jaringan HSPA/H+.

Jika sudah akan berubah menjadi WCDMA only, sekarang smartphone android sobat hanya mengakses jaringan 3G atau HSPA saja.