Cara Transfer Data Dari PC Ke Smartphone Tanpa Kabel Data

Diposting pada

Mungkin bagi sebagian orang memindahkan file atau data penting dari perangkat PC ke perangkat Android atau sebaliknya dengan menggunakan kabel data adalah pilihan utama. Namun bagaimana jika pada saat ingin men-transfer file, kabel data yang biasa digunakan rusak. Anda tak perlu bingung, kini pada toko aplikasi Google Play terdapat aplikasi bernama AirDroid yang memungkinkan untuk mentransfer data dari perangkat Android ke PC melalui jaringan Wi-Fi.

Anda dapat menggunakan aplikasi ditempat yang terdapat sinyal Wi-Fi atau Modem yang memiliki fitur Wi-Fi. Adapun cara menggunakanya sebagai berikut:

1. Instal seperti biasa aplikasi bernama AirDroid dari Google Play Store Melalui perangkat Android yang dimiliki.
2. Kemudian setelah proses instal selesai, buka aplikasi tersebut dan tab atau pilih tombol start.
3. Yang perlu diperhatikan, pastikan perangkat PC dan Android berada dalam satu jaringan Wi-Fi.
4. Selanjutnya Akan muncul panduan dari Aplikasi AirDroid.
5. Ikuti langkah pertama seperti pada gambar dengan mengunjungi alamat http://web.airdroid.com/ melalui browser Chrome atau FireFox pada perangkat PC atau Laptop yang Anda miliki.

Cara Transfer Data Dari PC ke Smartphone Tanpa Kabel Data AirDroid

6. Langkah kedua Masukan kata sandi atau password yang tertera di aplikasi AirDroid, kemudian klik login.
7. Jika Langkah diatas berhasil, maka pada PC atau laptop yang Anda miliki akan tampil seperti gambar dibawah.

Cara Transfer Data Dari PC ke Smartphone Tanpa Kabel Data AirDroid

8. Untuk memulai mentransfer data atau file, Pilih icon berwarna biru.
9. Kemudian akan muncul tampilan seperti Windows Explorer. Disini Anda dapat memindahkan file antar folder, mengedit nama, dan menghapus file.
10. Untuk mentransfer data dari smartphone ke PC atau laptop, Anda dapat memilih menu Download. Sementara untuk memindahkan data dari perangkat PC/laptop ke Android, Anda dapat menggunakan tombol Upload.
11. Untuk memindahkan file dari Android ke PC, pertama-tama cari file yang ingin dikirim. Anda dapat menandai file mana saja yang ingin di kirim. Kemudian klik tombol Download yang berada di kiri atas. Lalu akan muncul jendela download di browser Anda, kemudian pilih difolder mana Anda ingin menaruh file tersebut.

Cara Transfer Data Dari PC ke Smartphone Tanpa Kabel Data AirDroid

12. Sedangkan untuk memindahkan file dari perangkat PC ke Android. Langkah pertama adalah cari difolder mana file tersebut akan di tempatkan. Klik tombol Upload. Anda juga dapat menandai tiap file yang ingin ditransfer.

Cara Transfer Data Dari PC ke Smartphone Tanpa Kabel Data AirDroid

Aplikasi AirDroid ini juga memungkinkan untuk mengirim SMS dan menghapusnya dari menu messages, melihat menu logs, menghapus, mendownload aplikasi, melihat buku telepon dan foto serta mengambil screenshoot dari tampilan perangkat Android. Selamat mencoba.