Cara Ubah Smartphone Android jadi Webcam Portabel

Diposting pada

Untuk para pengguna yang biasa melakukan interaksi menggunakan layanan video chat seperti Skype dan layanan video conferencing lain. Jangan khawatir ketika perangkat webcam yang Anda miliki rusak karena umur penggunaan dan sebab-sebab lainya. Ada sedikit solusi sederhana yang dapat Anda coba untuk menggantikan webcam yang rusak dengan smartphone berbasis Android.

Berikut adalah Cara mengubah Smartphone Android menjadi Webcam Portabel.

Cara Ubah Smartphone Android jadi Webcam Portabel

Cara pertama menggunakan aplikasi DroidCamCara pertama menggunakan aplikasi DroidCam.
Aplikasi ini hadir dalam dua versi di Google Play Store, yakni aplikasi gratis dan berbayar dan untuk Windows dan Linux. Setelah mengunduh DroidCam, ekstrak file yang tersebut dan jalankan setiap petunjuk pada layar. Setelah selesai masukan alamat IP ke DroidCam. Jika Anda memilih untuk terhubung menggunakan port USB. Cukup hanya dengan menghubungkan kabel USB bawaan smartphone Android Anda.

Unduh aplikasi DroidCam disini
Unduh aplikasi DroidCam untuk viewer di PC disini

 

cara terakhir menggunakan EpocCamCara kedua menggunakan IP Webcam.
Anda dapat juga menggunakan aplikasi IP Webcam untuk berselancar di layanan video chat. IP Webcam juga tersedia di Google Play Store dalam dua, versi gratis dan berbayar. Cara kerja IP Webcam mirip seperti DroidCam. Namun aplikasi ini mengharuskan Anda untuk melihat output melalui web browser. Sebagai catatan browser yang kompatibel dengan aplikasi IP Webcam ialah Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Unduh aplikasi IP Webcam disini
Unduh aplikasi IP Webcam untuk viewer di PC disini

 

Cara kedua menggunakan IP WebcamCara terakhir menggunakan EpocCam.
sama seperti kedua aplikasi di atas, EpocCam dapat anda temui melalui Google Play Store. Namun sebelum meng-instal aplikasi tersebut, Anda harus meng-instal driver untuk PC Windows atau Mac OS X. Setelah proses instalasi selesai. Jalankan aplikasi EpocCam Viewer untuk melihat output di desktop. tab tombol menu untuk membuka pengaturan aplikasi dan isi akamat IP untuk PC yang Anda pakai.

Unduh aplikasi EpocCam disini
Unduh driver EpocCam untuk viewer di PC disini