Google Resmi Rilis Fitur Peringatan Dini Bencana Alam

Diposting pada

Google perusahaan raksasa dibidang internet resmi merilis fitur peringatan dini bencana alam untuk indonesia, “Google Public Alerts dan Crisis Map. kedepan fitur ini akan menampilkan peringatan bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami di Google Public Alerts page juga di Google Search, Google Maps serta Google Now.

Google dalam keteranganya menjelaskan, kami bisa menghadirkan Crisis Map dan Public Alerts ini di Indonesia berkat kerjasama antara dua lembaga Nasional yaitu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), Selasa (23/9/2014).

Pada saat terjadinya bencana alam seperti tsunami, Google akan menginformasikan peringatan dini mengenai bencana tersebut. Pengguna langsung dapat mencari informasinya di Google Search atau Google Maps pada perangkat yang dimiliki.

Informasi yang didapat dari fitur Google Public Alerts dan Crisis Map adalah pengguna akan diinformasikan mengenai zona mana yang akan terkena dampak, estimasi waktu kedatangan gelombang tsunami,tinggi gelombang dan informasi lainya untuk evakuasi mengamankan diri.

Untuk perangkat Android dan iOS, Google Now akan menampilkan sebuah informasi peringatan bencana alam dan intruksi untuk evakuasi bagi para pengguna yang berlokasi di wilayah terkena dampak bencana alam.

Google untuk pertama kalinya menggandeng operator telekomunikasi lokal untuk memperluas jangkauan peringatan dini melalui fitur ponsel. Kali ini pelanggan Indosat yang dapat mengakses peringatan dini bencana alam dengan mengirim pesan singkat ke *123*77# dan selanjutnya akan di arahkan melalui petunjuk-petunjuk yang ada.