Adu Tangguh Harga Samsung Galaxy J2 Vs Huawei Y6, HP Android 4G LTE

Diposting pada

Aingindra.com – Meski hingga saat ini vendor ponsel asal Korea Selatan yakni Samsung masih menjadi raja ponsel android, namun kenyataan saat ini gempuran demi gempuran rupanya turut dilakukan oleh para vendor ponsel asal Tiongkok tak terkecuali Huawei.

Ya Huawei saat ini memang menjelma sebagai salah satu produsen ponsel terbesar di Tiongkok setelah sukses berkolaborasi dengan Google dalam meluncurkan perangkat Nexus 6P nya, tak hanya itu Huawei mengajak seluruh vendor ponsel Tiongkok untuk naik level dimana ponsel yang dihadirkan harus bisa sepadan dengan para brand papan atas.

Tak pelak jika hal tersebut berimbas ke banyaknya smartphone andorid besutan vendor ponsel asal Tiongkok tersebut yang menawarkan beragam keunggulan lainnya bahkan dengan fitur dan spesifikasi gahar rupanya Huawei juga masih turut membekali ponselnya dengan banderol yang terjangkau, tentu hal tersebut berbeda dengan Samsung yang saat ini memang masih memegang kendali penuh akan pasar ponsel android.

Ya dua vendor ponsel asal Korea Selatan ini akhirnya dihadapkan dengan ponsel masing-masing yang akan adu tangguh dimana Samsung Galaxy J2 akan berhadapan dengan Huawei Y6 sebagai bahan compare baik dari sisi fitur, performa maupun banderol harga yang ditawarkan dari kedua brand tersebut.

Nah bagi anda yang tertarik dengan informasi seputar perbandingan dua ponsel android beda kasta ini tak ada salahnya untuk disimak informasi selengkapnya dibawah ini yang juga dapat anda jadikan sebagai salah satu referensi perbandingan harga maupun informasi perlihat review dari segalam macam merk ponsel.

Samsung Galaxy J2 VS Huawei Y6

Samsung Galaxy J2 Vs Huawei Y6
Samsung Galaxy J2 Vs Huawei Y6

Saat ini kehadiran smartphone android murah meriah memang tengah menjadi salah satu target utama dalam hal kemajuan teknologi di tanah air melalui keputusan yang telah dibuat oleh Menkominfo. Tak cukup sampai disitu aturan TKDN juga mengharuskan semua vendor ponsel untuk mengikuti aturan tersebut jika ingin tetap memasarkan produk ditanah air.

Kembali ke topik mengenai duel mau dua smartphone android besutan dua vendor ponsel besar dari Negara Korea Selatan degan Tiongkok yang begitu melenggang laris manis di pasaran terlebih lagi dengan bekal iming-iming jaringan 4G LTE.

Desain Body Layar

Compare perbandingan adu tangguh kedua ponsel ini diawali dari sisi desain body layar, mengenai sisi bentang layar rasanya kedua smartphone android ini mengusung luas yang hampir sama dimana Samsung Galaxy J2 hadir dengan luas sekitar 4.7 inch sedangkan Huawei Y6 hadir dengan bekal 5 inch.

Tentunya resolusi yang ditawarkanpun juga berebeda, dimana masing-masing hadir dengan bekal resolusi layar yakni 540 x 960 pixels, 720 x 1280 pixels yang turut menghasilkan kerapatan berbeda yakni 234ppi pixels density dan juga 294ppi pixels density.

Tak cukup sampai disitu rupanya kedua ponsel ini juga masih turut dibekali dengan lapisan layar Super AMOLED bagi Galaxy J2 yang bakal menyajikan kualitas layar super jernih, tentu hal tersebut berebeda dengan Huawei Y6 yang hanya dibekali dengan IPS LCD Capacitive Touchscreen yang menyediakan 16 juta warna.

Baca Juga: Review Spesifikasi Harga Samsung Galaxy J2

Dari sisi dimensi keduanya  menawarkan kesan mungil terlebih lagi bagi Samsung Galaxy J2 yakni dengan 136.5 x 69 x 8.4 mm yang turut menopang bobot maksimal, sedangkan Huawei Y6 juga memiliki dimensi 143 x 72.1 x 8.5 mm yang tentu terbilang cukup nyaman dan tak terlalu berat.

Tentu jika ditarik kesimpulan untuk sisi desain body layar, kedua ponsel ini memang memiliki sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing, dimana Galaxy J2 hadir dengan teknologi layar Super AMOLED yang tentu sudah tak dapat diragukan lagi performanya, sedangkan Huawei Y6 masih menggunakan IPS LCD Capacitive Touchscreen.

Fitur Multimedia

Pertarung beralih ke sektor fitur dan multimedia dimana Samsung Galaxy J2 hadir dengan bekal dua buah lensa kamera yang masing-masing berkekuatan 2MP dan 5MP kemampuan yang ditawarkan juga terbilang mumpuni terlebih lagi dengan dukungan fitur seperti LED Flash, AutoFocus.

Hal tersebut tak berbeda dengan smartphone android huawei Y6 yang juga turut mengusung kamera depan 2MP yang bisa dikatakan cukup sebagai salah satu teman dalam aktivias selfie anda, namun bagian kamera utama dari si Y6 hadir dengan kekuatan lebih tinggi yakni 8MP yang tentunya tak bisa dianggap sebelah mata, karena dapat merekam video berkualitas sekelas [email protected]

Dapur Pacu Penghasil Performa Maksimal

Sama-sama menyasar kalangan menengah kebawah tentunya spesifikasi yang ditanamkan tak terlalu mentereng seperti pada smartphone android premium pada umumnya, meskipun demikian nyatanya Samsung Galaxy J2 turut hadir dengan bekal Chipset besutan Samsung sendiri yakni Exynos 3475 yang turut ditopang dengan prosesor Quadcore berkecepatan 1.3 GHz Cortex-A7 yang mampu menyuguhkan performa maksimal.

Namun sayang pihak Samsung hanya membekali RAM 1GB di ponsel J2, padahal sejatinya jika performa yang ditawarkan masih membutuhkan pengoptimal yang  lebih besar. Meskipun demikian pengolahan grafis yang ditawarkan juga terbilang cukup optimal yakni Mali-T720.

Baca Juga: Review Spesifikasi Harga Huawei Y6

Hal tersebut bisa dikatakan hampir sama seperti Huawei Y6 meskipun memang Chipset yang ditanam berjenis Qualcomm MSM8909 Snapdragon 21 dengan ditopang prosesor QuadCore berkecepatan 1.1 GHz Cortex-A7 yang tentu bakal menyuguhkan performa apik.

Terlebih lagi pihak Huawei turut menanamkan pengoptimal seperti RAM yang lebih besar yakni RAM 2GB sebagai pemaksimal, tak cukup sampai disitu sisi pengolahan grafis dari si Huawei Y6 ini juga bakal ciamik dengan GPU Adreno 304 yang mampu menyuguhkan grafis okepunya.

Suguhan Koneksi Super Kencang 4G LTE

Beralih ke sektor konektivitas rasanya kedua ponsel ini terbilang sama-sama mampu menawarkan kecepatan akses informasi, pasalnya baik Samsung Galaxy J2 maupun Huawei Y6 turut menyematkan bekal teknologi 4G LTE Cat4 1500/50 ke masing-masing ponselnya. Tak cukup sampai disitu, nyatanya kedua ponsel android ini juga masih turut mempertahankan jaringan 3G HSDPA ataupun 2G GSM yang turut membantu dalam memaksimalkan konektivitas.

Samsung Galaxy J2 Vs Huawei Y6, HP Android 4G LTE
Samsung Galaxy J2 Vs Huawei Y6, HP Android 4G LTE

Sajian Antar Muka dari  Sistem Operasi Android Lollipop

Kekompakan dari sektor konektivitas rupanya juga diusung ke sisi sistem operasi dimana baik Samsung Galaxy J2 maupun Huawei Y6 turut membekali ponselnya dengan OS Android V5.1.1 Lollipop. Meskipun demikian pihak Samsung rupanya juga turut menyematkan UI TouchWiz yang tentu bakal menyuguhkan antarmuka yang menawan sedangkan Huawei Y6 juga memiliki sajian manis dengan UI EMotion 3.1

Ruang Penyimpanan dan Daya Baterai

Hampir ketinggalan rupanya sisi ini juga menawarkan kekompakan seperti dua sektor diatas, ya Samsung Galaxy J2 dan Huawei Y6 memang hadir berbekal internal memori alias ruang penyimpanan dalam sekitar 8GB dan masih dapat dimaksimalkan dengan slot MicroSD up to 128GB.

Pun begitu dengan daya baterai, kedua ponsel tersebut nyaris mengusung kekuatan daya baterai yang sama namun kenyataannya Huawei Y6 berbekal baterai dengan kapasitas lebih besar ketimbang Samsung Galaxy J2 yakni dengan 2200 mAh sedangkan Samsung Galaxy J2 2000 mAh.

Perbandingan Harga Smartphone Android Murah

Menurut informasi yang beredar tentunya kedua poonsel ini memang sama-sama mengusung banderol harga yang sama terlebih lagi spesifikasi yang ditawarkan memang terbilang nyaris sama meski ada beberapa sektor yang nampak berbeda.

Daftar Harga Samsung Galaxy

Untuk informasi Harga Samsung Galaxy J2 kabarnya ponsel android Lollipop ini bakal dilepas dengan banderol dikisaran Rp 1,95 juta sedangkan pesaingnnya yakni Huawei Y6 juga bakal dibanderol dikisaran yang sama yakni Rp 1,98 juta.

Mengenai kesimpulan sebenarnya hal tersebut tergantung bagaimana para pembaca mengkondisikannya, pasalnya penilaian lebih terlihat relative maka dari itu penulis menghadirkan perbandingan selengkapnya guna dapat disimpulkan sendiri oleh para pembaca.

Daftar Harga HP Huawei