Ini dia Komputer Mini yang bisa Jalankan Windows 8.1

Diposting pada

Intel kembali berinovasi dengan memperkenalkan perangkat komputer mini yang dapat menjalankan sistem operasi Windows 8.1. Perangkat komputer yang menyerupai flashdisk. Pengguna dapat menjalankan sepenuhnya sistem operasi Windows 8.1 layaknya sebuah komputer desktop pada umumnya.

Cara kerja perangkat ini cukup dengan hanya mengkoneksikan atau menempelkan pada slot HDMI sebuah TV atau monitor. Selain itu komputer mini dengan julukan Compute Stick ini dibekali fitur Bluetooth serta WiFi untuk terhubung ke internet.

Ukuran mungil dari perangkat ini terwujud berkat teknologi prosesor mobile Intel. Beralih ke kinerjanya, Compute Stick memang hanya setingkat tablet. Namun keunggulan dari perangkat ini adalah ukuran mininya yang memudahkan pengguna membawanya kemanapun.

Compute Stick ditenagai oleh prosesor Intel Atom Z3735F Bay Trail, Sedangkan spesifikasi lainya dari perangkat ini dibuat dengan menyesuaikan sistem operasi yang dijalankan. Compute Stick yang berbasis sistem operasi Windows 8.1 ditopang RAM berkapasitas 2 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB.

Sementara untuk Compute Stick yang mengadopsi OS Linux dibekali RAM 1 GB dan memori internal 8 GB. Pada Compute Stick yang menjalankan sistem operasi Linux dibekali kapasitas RAM yang lebih kecil, Karena keperluan pengoperasianya tidak sebesar OS Windows.

Compute Stick Komputer mini

Perangkat komputer mini ini di pamerkan dalam ajang CES 2015. Selain spesifikasi tadi, Compute Stick juga dibekali slot microSD untuk ekspansi memori ketika penyimpanan internal mulai penuh. Untuk proses Charger Compute Stick bekum mendukung pengisian melalui port HDMI. Pengisian daya hanya dapat dilakukan via micro-USB, dengan charger terpisah.

Perangkat ini dikabarkan akan meluncur kepasaran pada Maret 2015. Untuk Compute Stick dengan sistem operasi Windows dibanderol dengan harga 149 dollar AS atau sekitar Rp 1,8 juta. Sedangkan Compute Stick OS Linux dilepas dengan harga 89 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 juta.