Ini Fitur Rahasia di YouTube Yang Patut Diketahui

Diposting pada

YouTube merupakan layanan video streaming terbesar saat ini. Setelah diakuisisi oleh Google Inc. pada tahun 2006 dengan nilai pembelian 1,65 miliar US$, saat ini YouTube menjadi satu-satunya layanan video online terbaik yang banyak dicintai pengguna seantero dunia. Setiap bulanya lebih dari 1 miliar pengguna mengakses website yang beralamatkan di www.youtube.com. Di situs ini banyak tersedia berbagai kategori video seperti Berita, komedi, tutorial, dan kategori lainya.

Namun bagi pengguna YouTube mungkin masih banyak yang belum mengetahui fitur selain menonton dan posting atau upload video. Pada situs berbagi video tersebut terdapat fitur tersembunyi yang disediakan. Berikut beberapa fitur tersembunyi yang ada di YouTube.

Download Subtitle / Text Bawah di Film

  • Video yang terdapat di YouTube tidak hanya mengunakan bahasa Indonesia. Banyak bahasa-bahasa dari negara lain yang mungkin tidak Anda mengerti. Untuk membantu Pengguna dalam memahami sebuah video dengan bahasa yang tidak dimegerti, Pengguna dapat menambahkan subtitle atau dapat disebut juga terjemahan bahasa dari sebuah video. Gunakan KeepSub untuk memasukan sub judul dalam video dengan cara menyalin url video di form, kemudian enter atau tap tombol dan KeepSub akan mengambil sub judul yang dipilih. KeepSub juga menawarkan sub juduk terjemahan dari Google Translate.

Download Subtitle Text Bawah di Film keep

Percepat Proses Buffering

  • Cara kerja situs video online ini sebenarnya hanya melakukan proses buffering selama 30 detik dari total durasi video saat video terhenti sementara ketika koneksi internet Anda lambat. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat memaksa YouTube untuk -mem-buffer seluruh video sebelum di putar dengan cara menambahkan tool tambahan atau Add-on bernama SmartVideo yang dapat di install pada browser Chrome dan Mozzila.
  • Setelah aplikasi tambahan tersebut terinstall, ketika Anda membuka video di YouTube, Anda akan melihat opsi dibagian video yang akan ditonton. Klik “Preferences Global” lalu centang opsi “Smart Buffer”.

Nonaktifkan Video Anotasi

  • Anotasi yang terdapat pada YouTube adalah sebuah kotak berisi informasi atau link yang berhubungan dengan video lainya dari suatu channel di YouTube. Tetapi kehadiran anotasi kerap menggangu tampilan dari sebuah video. Untuk menonaktifkan fitur tersebut Klik gambar profil Anda, lalu klik ikon roda gigi (Pengaturan YouTube). Pada sidebar kiri, pilih “Playback” dan nonaktifkan tanda centang pada “Annotations and Interactivity”.

Menonton Video Slow-Motion / Gerakan Lambat

  • Saat anda menonton video di YouTube terkadang Anda tidak dapat melihat gambar dengan detail. Misalkan Anda ingin melihat lebih detail dari sebuah video kecelakaan. Di YouTube memungkinkan penggunanya memutar video dengan kecepatan lebih lambat atau Slow-Motion. YouTube sendiri telah memiliki HTML5 Player. Anda bisa mendapatkanya di tautan ini.

Nonaktifkan Autoplay / Putar Otomatis

  • Setelah Menonton video yang baru saja Anda putar, tiba-tiba YouTube memutar video selanjutnya alias autoplay. Untuk menonaktifkan autoplay, Anda dapat menggunakan Add-on yang dapat Anda install pada browser. Pada browser Mozzila menggunakan Add-on dengan nama “YouTube Control Center Add-on”. Sedangkan untuk browser Chrome Add-on “Stop Autoplay”.