Ini Lima Fungsi Tombol Shortcut Pada Windows 7

Diposting pada

Mungkin bagi sebagian pengguna perangkat komputer atau PC dengan sistem operasi Windows 7 ada yang belum mengetahui fungsi-fungsi dari tombol shortcut pada keyboard. Tombol-tombol Shortcut tersebut nantinya akan meningkatkan produktivitas dan memaksimalkan pengguna dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Lalu apa saja yang patut diketahui bagi pengguna Windows 7 tentang fungsi tombol Shortcut. Berikut lima fungsi tombol shortcut yang dapat meningkatkan kenyamanan saat bekerja.

Alt+Tab atau Ctrl+Tab

Alt+Tab atau Ctrl+Tab

Alt+Tab berfungsi untuk mempercepat transisi antar program di Windows. Alt+Tab dapat disebut juga jalan pintas antar program. Sebagai contoh pengguna ingin beralih dari Windows Eksplorer ke penelusuran internet. Maka, untuk mempermudah, pengguna dapat menekan Alt+Tab untuk berpindah antar program. Sementara untuk tombol Ctrl+Tab berfungsi sebagai peralihan antar satu tab di browser ke tab berikutnya.

Ctrl+C atau Ctrl+Insert

Ctrl+C atau Ctrl+Insert

Ctrl+C atau Ctrl+Insert berfungsi sebagai tombol copy. Sebagai contoh tombol tersebut memungkinkan pengguna untuk meng-copy suatu teks untuk disimpan kedalam dokumen lainnya dengan cepat. Dengan mem-blok teks kemudian menekan Ctrl+C atau Ctrl+Insert maka tulisan tersebut ter-copy dan dapat langsung disalin. Apabila pengguna ingin langsung memotong tulisan atau dalam bahasa inggris disebut cut, maka dapat melakukanya dengan menggunakan tombol Ctrl+X.

Ctrl+V atau Shift+Insert

Ctrl+V atau Shift+Insert

Tombol ini memiliki fungsi untuk menempelkan atau memindahkan tulisan yang telah disalin sebelumnya menggunakan tombol Ctrl+C atau Ctrl+Insert.

Ctrl+Z dan Ctrl+Y

Ctrl+Z dan Ctrl+Y

Jika ingin mengembalikan atau Undo file yang terpotong,tersalin bahkan terhapus. Pengguna dapat membatalkannya dengan menggunakan tombol CTRL+Z. Sementara Ctrl+Y kebalikanya, yakni mengulang fungsi undo (Ctrl+Z) atau disebut juga Redo.

Ctrl+F

Ctrl+F

Ctrl+F disebut juga Find (menemukan). Jika pengguna ingin melakukan pencarian pada browser, Ctrl+F bisa menjadi solusinya. Tombol ini juga memungkinkan mencari program atau menemukan kata dengan cepat pada Windows. Untuk informasi teknologi terkini lainya, Anda dapat mengunjungi website kami di www.aingindra.com