Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya WiFi Bermasalah di Android

Diposting pada

WiFi yang merupakan kepanjangan dari Wireless Fidelity adalah sebuah koneksi jaringan yang sudah menjadi bagian dari aktifitas kehidupan sehari-hari. Dengan diciptakanya jaringan jenis ini, browsing ke dunia maya atau internet akan lebih cepat, mudah, praktis dan stabil. Bahkan jika berada di wilayah-wilayah tertentu seperti perpustakaan dan kafe yang memasang hot-spot, kita dapat menggunakannya secara gratis.

Saat ini di berbagai perangkat pintar seperti smartphone dan tablet berbasis Android, iPhone, Windows Phone, BlackBerry telah didukung fitur WiFi. Namun banyak kasus yang dialami para pengguna perangkat pintar tiba-tiba fitur WiFi pada handset yang digunakan tidak dapat berfungsi dengan baik. Kerusakan pada WiFi dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti komponen dari WiFi Itu sendiri. Sebelum memutuskan membawa perangkat tersebut ke tempat service, kamu dapat lebih dulu mencoba cara sederhana. Berikut langkah-langkahnya.

Cek WiFi di Ponsel

Langkah pertama untuk mengetahui masalah pada WiFi tidak terkoneksi adalah dengan cek setting-an pada WiFi di smartphone. Pastikan WiFi dalam keadaan Hidup agar dapat terkoneksi.

Cek Modem WiFi

Jika Anda menggunakan Modem, Pastikan alat tersebut sudah menyala dan berfungsi dengan baik. Pastikan juga pulsa atau paket data berlangganan internet belum habis. Sebab koneksi WiFi pada modem terputus juga dapat disebabkan oleh gangguan pada server penyedia layanan internet yang digunakan.

Cek Kembali Password WiFi

Cek kembali apakah kata sandi atau password telah dimasukan dengan benar.

Cek Perangkat yang Terkoneksi

Biasanya perangkat modem atau router WiFi dan perangkat Android memiliki batasan jumlah pengguna perangkat. Misalkan dengan jumlah 8, 12 dan seterusnya. Pastikan terdapat ruang kosong untuk dapat menggunakan WiFi Secara bersamaan.

Cek Menggunakan Perangkat Lain

Jika tidak terkoneksi pada jaringan WiFi, coba cek menggunakan perangkat teman, misalkan laptop atau smartphone. Jika tidak dapat terhubung, kemungkinan terdapat masalah pada router.

Cek Kondisi WiFi dari Handphone

Cara lainya untuk mengetahui perangkat WiFi Anda berfungsi dengan baik adalah dengan menggunakan aplikasi Android Phone Tester. Aplikasi ini dapat mengetahui informasi berbagai perangkat di ponsel Android yang digunakan. Download aplikasinya disini. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mtorres.phonetester

Dengan aplikasi ini Anda dapat melihat status dari koneksi WiFi, apakah berfungsi dengan baik atau tidak.Nah, itu tadi sedikit tips sederhana yang dapat Anda lakukan ketika mengalami gangguan pada jaringan WiFi. Semoga bermanfaat.