Kelebihan Dan Kekurangan Root Pada Android

Diposting pada
Dewasa ini ponsel dengan operating system android semakin menjamur di setiap negara di dunia. Memang kehebatan robot hijau google ini sulit ditandingi. Bahkan lewat samsung, android mampu mengalahkan operating system terkenal aple yaitu iOS. Dengan kepopuleran android, saya yakin anda pernah mendengar yang namanya “Root” pada android. Root Android sendiri berarti memberikan akses penuh pada user terhadap OS android, user pun akan dapat menghapus atau mengubah apa saja yang ada di dalam OS android.

Salah satu tujuan orang melakukan root adalah untuk mendapatkan aplikasi gratis, ada juga yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja ponsel dengan cara melakukan over clock pada prosesor. Root android sendiri sebenarnya merupakan tindakan yang bisa menguntungkan atau merugikan user, karena dengan melakukan hal tersebut pengguna bisa kehilangan garansi ponsel. Namun untungnya bisa dilakukan unroot, sehingga garansi yang tadinya hilang bisa kembali di dapatkan. Untuk info selengkapnya mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Root Pada Android silakan simak di bawah ini.

Kekurangan Root Android

Setiap tindakan yang kita lakukan pastinya akan memiliki dampak positf dan negatif. Hal tersebut juga berlaku jika anda melakukan root android, karena akan terdapat banyak kerugian. Seperti yang saya bilang diatas, kekurangan root pada android yang pertama adalah hilangnya garansi ponsel. Sehingga ketika ponsel rusak dan di bawa ke service center, maka ponsel anda tidak akan mendapatkan service gratis.

Memang ada aplikasi untuk unroot yang bisa mengembalikan garansi, namun tidak mungkin bukan ketika ponsel sudah rusak anda akan melakukan unroot. Kekurangan lainnya melakukan root adalah bahaya malware, karena dengan root ponsel android bebas menginstal aplikasi apapun. Beberapa aplikasi rooting juga cenderung telah disisipi malware setelah sudah di root.

Bisa juga malware yang akan membocorkan informasi pribadi anda. Tentu hal tersebut akan semakin menambah kerugian anda, misalnya setelah data pribadi bocor akun jejaring sosial anda di hack. Sejauh ini yang menjadi kekurangan root ponsel android adalah tingkat keaman yang berkurang, dan mereka yang jahil akan memanfaatkan celah tersebut untuk membobol data pribadi anda termasuk juga pembobolan pulsa.

Kelebihan Root Android

Jika dibandingkan dengan kekurangannya, root android memang lebih banyak kelebihannya. Dan yang paling sering orang lakukan setelah rooting android adalah melakukam over clock pada prosesor. Pengertiannya adalah, bila aslinya prosesor gadget anda hanya berkecepatan 1Ghz, setelah melakukan over clock speed kecepatannya bisa menjadi 1.5Ghz.

Tentunya hal ini akan sangat berguna untuk mengoptimalkan kinerja ponsel, dan merupakan salah satu cara mengatasi lag pada ponsel ataupun tablet. Kelebihan lainnya dengan melakukan root adalah dapat menghapus aplikasi bawaan ponsel yang dianggap tidak terlalu penting, bisa juga untuk costum ROM. Dan dari sekian banyak kelebihan yang ditawarkan root android, dapat menginstal aplikasi secara bebas adalah salah alasan orang melakukan root pada perangkat androidnya.

Kesimpulan

Root android memang menawarkan banyak sekali kelebihan, namun bila tidak benar – benar diperlukan sebaiknya jangan melakukan hal tersebut. Karena seperti yang saya bilang di atas, tingkat keamanan perangkat anda akan berkurang. Dan perangkat yang sudah terserang malware akan sulit diketahui, karena tidak seperti virus pada umumnya yang hanya bertujuan mematikan ponsel.