Kenapa Mematikan Komputer Wajib di Shutdown?, Ini Alasannya

Diposting pada

Fitur Shutdown yang terdapat pada sistem operasi seperti Windows pada komputer merupakan fitur yang direkomendasikan untuk mematikan atau memberhentikan perangkat yang telah selesai digunakan. Jika Anda salah satu yang menerapkan fitur diatas saat mematikan komputer, berarti Anda sudah melakukan tindakan yang benar.

Namun bagaimana jika mematikan komputer dengan cara menekan tombol power secara lama atau langsung mencabut steker yang terhubung dengan aliran listrik hingga perangkat komputer mati secara paksa. Apa akibat yang akan terjadi? dan mengapa komputer atau laptop harus di Shutdown? Berikut alasannya.

Kerusakan Pada RAM / Random Access Memory

Saat proses Shutdown, secara otomatis System Memory akan dikosongkan. Sehingga pada saat komputer di hidupkan kembali, memori tersebut kembali dalam keadaan refresh. Jika mematikan secara paksa dengan tidak mengikuti rekomendasi yang ada, besar kemungkinan RAM (Random Access Memory) akan mengalami kerusakan.

Kerusakan Pada Power Supply

Pada saat proses Shutdown berlangsung, prosesor akan memberikan perintah kepada Bios untuk memberhentikan kerja dari komponen peralatan, sehingga arus listrik yang terpakai diputus secara normal. Namun jika memutusnya secara paksa, memungkinkan Power Supply akan mengalami kerusakan.

Kerusakan Pada Processor

Pada saat proses Shutdown dimulai, maka fan atau kipas prosesor komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk pendinginan prosesor. Jika mematikan komputer secara paksa, berakibat pendinginan prosesor tidak berjalan maksimal dan bila berulang kali mematikan secara paksa, lama-kelamaan prosesor dapat rusak.

Memungkinan Hard Disk Mengalami Bad Sector

Bad Sector adalah tanda-tanda Hard Disk mengalami kerusakan pada bagian tertentu dari fisik silinder yang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat digunakan lagi. Bayangkan jika Hardisk sedang bekerja, tiba-tiba dimatikan secara paksa. Lama-kelamaan Hardisk akan mengalami Bad Sector tingkat tinggi.

Registry tidak tersimpan

Saat proses Shutdown komputer akan meregistrasi ulang berbagai komponen komputer yang terpakai dan software serta data yang dipakai atau yang telah dihapus. Jiak mematika komputer secara paksa, maka data komponen atau software tadi tidak tersimpan kedalam registry.