Macam-Macam Hardware Komputer Beserta Fungsinya

Diposting pada
Saat ini komputer merupakan perangkat yang bagi sebagian orang adalah mutlak untuk dimiliki. Pasalnya, komputer terkadang sangat penting untuk kebutuhan mereka baik untuk pekerjaan, hiburan, atau untuk hal yang lainnya. Oleh karena itu, tak jarang jika kebanyakan rumah disekitar kita memiliki komputer pribadi di rumahnya.

Walaupun mereka memiliki komputer dirumahnya, namun terkadang mereka tidak tahu menahu apa saja Macam-Macam Hardware Komputer atau Perangkat keras komputer tersebut. Karena kebanyakan dari mereka hanya asal memakai. Nah, oleh karena itu, disini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai apa saja macam hardware komputer yang biasa kita temui. Mungkin saja, nantinya kita bisa terbantu dengan tahu apa hardware yang terdapat pada komputer.

Macam-Macam Hardware Komputer

Hardware atau perangkat keras merupakan komponen yang memiliki bentuk fisik ada pada komputer dan menjalankan perannya sebagaimana mestinya. Nah, lalu hardware tersebut kembali dibagi-bagi menurut fungsinya yang terbentuk beberapa macam. Langsung saja, ini dia beberapa macam hardware komputer.

Mainboard / Motherboard
Mainboard atau papan utama merupakan papan yang dimana fungsinya untuk meletakkan semua komponen seperti RAM, prosesor, VGA, dan lain sebagainya yang saling terhubung.
VGA (Video Graphic Array)
 
Perangkat keras ini merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengatur tingkat resolusi gambar atau kualitas gambar. Semakin besar kualitas atau spesifikasi VGA anda, maka akan semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan.
Prosesor
 
Prosesor merupakan otak utama dari sebuah komputer. Semua perintah dieksekusi di dalam chip kecil ini. Prosesor sangatlah vital bagi sebuah komputer, karena akan menentukan kinerja dari sebuah komputer itu sendiri.
Memory atau RAM
 
 
 
Memory atau kadang disingkat menjadi RAM adalah sebuah komponen hardware yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara. Perintah, data, atau hal lain bisa disimpan sementara pada memory ini. Macam memori ada banyak dan terus berevolusi seiring dengan Perkembangan teknologi. Contohnya saja SDRAM, DDR1, DDR2, DDR3, dan lain sebagainya.
Hard Disk
 
 
 
Hard disk adalah hardware yang berfungsi untuk menyimpan data kita pada komputer. Dengan ini, kita bisa menyimpan data atau file pekerjaan kita. Banyak jenis hard disk sesuai dengan kapasitasnya, mulai dari 8GB, 64GB, 320GB hingga 2TB juga tersedia.