Menjadi Manusia Modern di Era Digital

Diposting pada

Menjadi Manusia Modern di Era Digital – Beberapa tahun ini perkembangan era digital sangat signifikan peningkatannya, baik dari segi komunikasi , gadget, software dan peningkatan kinerja pada setiap instansi yang memprioritaskan peningkatan era digital itu sendiri. Efek dari hal tersebut bagi saya pribadi sangat terasa kegunaan dan nilai positifnya. Email, facebook, twitter dan jejaring sosial adalah contoh dari berbagai layanan yang hampir setiap saat saya gunakan. Baik untuk sekedar tegur sapa, berhhubungan, bersosialisasi dan pastinya sangat berperan penting bagi kehidupan kita sebagai manusia modern di era yang serba digital.

Pada era modern ini, kehidupan masyarakat di seluruh dunia semakin dipenuhi oleh hal-hal yang serba digital, termasuk di kota-kota besar Indonesia. Anak remaja sibuk dengan handphone-nya, orang dewasa sibuk dengan internet dan social media, dan masih banyak lagi pengaruh perkembangan digital yang mungkin membuat setiap individu tidak terbiasa berinteraksi dengan sesamanya secara langsung. Namun demikian, seringkali terlihat banyak kasus di mana seseorang merasa jauh lebih percaya diri ketika berekspresi di dunia digital, seakan-akan memiliki 2 pribadi yang berbeda.

Hal tersebut semakin di imbangi dengan munculnya berbagai macam gadget terkini yang didalamnya sudah dibenamkan beberapa aplikasi penunjang paling canggih, mulai dari smartphone, notebook, tablet dan lain-lain. Dari era GPRS , EDGE, 3G, HSDPA untuk layanan internet yang disediakan beberapa provider ternama di tanah air.

Hanya bermodalkan sebuah smartphone kita sudah mendapatkan beberapa layanan seperti email, chatting, facebook, twitter, blogging, dll. Dari segi harga pun relatif terjangkau, mulai hitungan biaya per-Kb sampai paket internet Unlimited sepuasnya harian maupun bulanan.
Kemudahan hal-hal tersebut sangat berperan penting dalam kehidupan pribadi saya, hanya dengan sebuah Notebook dan akses internet saya sudah bisa menggunakan layanan-layanan yang tentunya semua layanan tersebut ini didapatkan secara gratis.

Peningkatan kesejahteraan pun mulai saya rasakan, dari awal mengenal sebuah blog sampai dengan monetize blog yang alhamdulillah hasilnya mulai saya dapatkan pada awal tahun 2010. Bukan hanya saya pribadi yang sudah merasakan perkembangan dan pesatnya kemajuan berbagai segi di era digital ini.

Semoga kedepannya semua peningkatan ini bisa lebih kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya, terlebih lagi bisa dijadikan sebagai salah satu celah mencari uang dengan cara online.

sumber gambar : google.co.id