Pengertian Dan Fungsi Root di Android

Diposting pada

Pada ulasan kali ini saya akan kembali berbagi informasi mengenai pengertian Root, kelebihan Root dan kekurangan Root pada smartphone berbasis Android. Bagi sebagian pengguna ponsel Android, mungkin banyak yang belum memahami fungsi dari Root itu sendiri. Melakukan Rooting pada smartphone Android selain banyak mendapatkan kelebihan juga terdapat sisi kekurangan salah satunya adalah garansi dari smartphone akan hilang. Lalu kelebihan dan kekurangan apa saja yang didapat jika kita melakukan Root pada HP Android. Berikut ulasanya.

Pengertian Root di Android

Sebelum lebih dalam membahas tentang kekurangan dan kelebihan yang di dapat karena proses Root, ada baiknya kita mengetahui dahulu pengertian dan fungsi dari Root itu sendiri.

Root merupakan system account yang memiliki hak penuh untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, system, command, dalam OS berbasis linux. Root juga dapat dikaatakan sebagai inti dari suatu sistem yang sangat penting dan dilindungi. Fungsi Root adalah memiliki akses tanpa batas, ia sanggup menghapus, mengubah, manambah hingga merusak semua yang ada didalam sistem tersebut. Root juga dapat di katakan meng-hack sistem dari smartphone Android agar penggunanya dapat memiliki akses penuh ke sistem tersebut. Dapat juga diartikan Root adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Kelebihan Root di Android

Kelebihan yang di dapat ketika ponsel Android telah di Root adalah

  • Penggunanya mendapatkan hak akses tidak terbatas terhadap sistem Android.
  • Meningkatkan performa smartphone.
  • Uninstall atau menghapus aplikasi bawaan Android.
  • Memungkinkan install aplikasi di kartu memori.
  • Akses terhadap file-file di sistem Android secara penuh.
  • Merubah tampilan dengan Instalasi custom ROM.
  • Backup App+System.
Kekurangan Root di Android

Setelah mengulas tentang kelebihan dari Root, sekarang saya akan mengulas kekurangan smartphone yang telah di Root.

  • Garansi Smartphone Android yang di Root akan hilang. Karena sudah tidak menggunakan pengaturan default bawaan smartphone.
  • Keamanan dari smartphone menjadi rendah dan memungkinkan dengan mudah terkena virus atau malware. Untuk menambal lubang keamanan, baiknya Anda menginstal anti virus seperti Kaspersky, Bitdefender, ESET, Avast dan AVG yang dapat Anda unduh di Play Store.

Demikian artikel singkat yang dapat saya bagikan kali ini. Untuk melihat informasi teknologi terkini, Anda dapat mengunjungi website kami di www.aingindra.com. Terima Kasih.