Pengertian Fitur NFC (Near Field Communication) Pada Smartphone

Diposting pada

Pernahkah Anda mendengar perangkat pintar smartphone dengan berbekal fitur NFC. Sama halnya dengan teknologi konektifitas seperti bluetooth dan WiFi, NFC yang merupakan singkatan dari “Near Field Communication” ini bekerja dengan frekuensi radio jarak dekat atau disebut RFID “Radio Frequency Identification”. Sementara perbedaan antara NFC dan Bluetooth adalah terletak pada kecepatan proses otentikasi, biasanya Bluetooth membutuhkan waktu lama saat otentikasi, berbeda dengan NFC yang membutuhkan waktu cukup singkat dalam hitungan detik saja.

Lalu apa manfaat dari smartphone yang memiliki fitur NFC

Smartphone yang sudah mendukung teknologi NFC akan lebih baik dibanding perangkat pintar yang masih mengandalkan teknologi Bluetooth. Karena fitur NFC selain berfungsi sebagai media penghubung antar perangkat elektronik yang memiliki teknologi tersebut, juga mampu difungsikan untuk melakukan transfer file seperti foto, video, audio dan sebagainya.

Cara Kerja Teknologi NFC “Near Field Communication” pada smartphone android

Selain dapat difungsikan sebagai media penghubung antar perangkat yang menggunakan teknologi tersebut. NFC juga dapat dimanfaatkan sebagai alat transaksi finansial secara online seperti untuk kepentingan pembayaran secara online dan pembelian tiket. Penggunanya juga dapat berbelanja dengan melakukan pembayaran melalui NFC di toko atau swalayan yang telah menyiapkan teknologi NFC sebagai media transaksi pembayaran.

Kedepan tampaknya teknologi ini akan berkembang lebih pesat, dengan menggunakan perangkat yang mendukung NFC, Anda tidak perlu repot membawa dompet atau kartu ATM/Kredit pada saat berbelanja, cukup membawa gadget yang mendukung teknologi NFC, melakukan pembayaran akan lebih mudah. Salah satu Komponen pendukung teknologi NFC adalah seperti Google Wallet, yang merupakan dompet virtual yang dapat diisi dengan keterangan kartu kredit.

Selain smartphone berbasis Android, fitur ini telah support pada OS lainya seperti Blackberry dan Windows Phone. Namun untuk sistem operasi besutan Apple, yakni iOs masih dalam tahap pemgembangan.