Perbedaan Lampu LED Flash dan Lampu Kilat Xenon

Diposting pada

Smartphone pintar yang beredar saat ini umumnya dibekali oleh kamera dengan dukungan lampu kilat. Kehadiran lampu kilat tentunya sangat membantu kinerja dari kamera pada saat kondisi ruangan kurang pencahayaan. Kebanyakan jenis lampu yang digunakan saat ini pada berbagai perangkat pintar adalah jenis LED dibanding Xenon. Lalu apa Perbedaanya?

Kedua lampu tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Mengapa lampu kilat LED Flash banyak digunakan berbagai vendor di perangkat smartphone besutanya. Karena lampu Kilat LED Flash dinilai cocok untuk smartphone karena lebih hemat konsumsi daya baterai.

Selain itu, lampu kilat LED Flash berukuran lebih kecil. Sementara dari segi harga LED Flash lebih murah dibanding Xenon. Jenis lampu LED Flash juga dapat digunakan pada saat perekaman video, sedangkan lampu Xenon tidak bisa melakukanya.

Namun lampu Xenon bukan berarti tidak memiliki kelebihan. Lampu jenis ini memang membutuhkan energy dan ruang besar dari sebuah perangkat. Namun yang dihasilkan, pengguna akan mendapatkan penerangan yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan lampu LED flash.

Apalagi lampu xenon memiliki kemampuan untuk membekukan gerakan untuk mencegah gambar menjadi blur. Perbandinganya dapat terlihat pada gambar di bawah yang dilansir sebuah situs bernama themobilefanatics.com.

Perbedaan Lampu LED Flash dan Lampu Kilat Xenon
gambar kiri pemotretan menggunakan LED Flash. gambar kanan menggunakan Xenon Flash. sumber gambar: themobilefanatics.com

 

Smartphone yang pernah menggunakan kedua jenis lampu tersebut seperti Nokia Lumia 928, Nokia 808 PureView dan Nokia Lumia 1020. Ketiga smartphone tersebut menggunakan dua jenis lampu kilat, LED dan Xenon. Sementara smartphone Samsung seperti Galaxy S4 Zoom dan Galaxy K Zoom hanya menggunakan jenis Xenon.