Samsung Galaxy Young VS LG Optimu L3 E400

Diposting pada
Samsung Galaxy Young VS LG Optimu L3 E400 – Beberapa waktu yang lalu kita telah membahas beberapa smartphone dari berbagai vendor, dan edisi banding smartphone yang terakhir adalah Samsung Galaxy Express vs Samsung Galaxy Victory. Nah, setelah beberapa minggu tidak menghadirkan edisi banding, kali ini saya akan menghadirkan kembali.
Pada sesi edisi banding kali ini saya akan menghadirkan 2 smartphone dari vendor besar. Dua smartphone tersebut adalah Samsung Galaxy Young yang dikenal sebagai smartphone murah meriah dan juga LG Optimus L3 E400 yang dikenal sebagai smartphone low end, namun spesifikasi garang. Oke, langsung saja kita simak edisi banding kali ini.
Desain
Samsung Galaxy Young yang dihadirkan pada bulan Agustus 2011 lalu, telah menjadi salah satu smartphone yang memiliki banyak pengguna. Secara desain, ponsel ini memiliki desain yang simple dengan 3 tombol dibawah layar. Dengan layar 3 inci dari Samsung, ponsel ini memiliki resolusi sebesar 240 x 320 piksel.
Di sisi lain, LG Optimus L3 diluncurkan pada bulan Januari 2012, dan nampaknya ingin menyaingi Samsung Galaxy Y. Ponsel ini dibekali dengan layar 3.2 inci dan juga resolusi 240 x 320 piksel juga. Sama dengan Samsung Galay Young. Namun desainnya lebih sedikit stylish dengan kotak polos.
Performa dan Kinerja
Di sisi prosesor, Samsung Galaxy Young menang dengan adanya prosesor single core berkecapatan 820 MHz, sedangkan LG Optimus L3 E400 hanya memiliki prosesor 800 MHz. Namun di sisi lain, LG Optimus L3 memiliki performa yang lebih dari Samsung Galaxy Young. Dibenamkan RAM sebesar 384MB membuat LG Optimus L3 lebih unggul daripada Samsung Galaxy Y yang hanya memiliki RAM sebesar 290MB. Di sisi OS keduanya sama-sama menggunakan OS Gingerbread.
Kamera
Untuk bagian kamera, LG Optimus L3 cukup bisa dibanggakan dengan adanya kamera 3.15 Mega Piksel yang melekeat di belakang ponsel. Sedangkan Samsung Galaxy Young hanya memiliki kamera 2MP saja. Namun sayangnya, kedua ponsel ini tidak dibekali dengan kamera sekunder di depan.
Konektivitas Jaringan
Untuk masalah ini, nampaknya LG Optimus L3 harus mengalah. Walaupun keduanya sudah mendukung konektivitas 3G HSDPA. Namun, LG Optimus L3 hanya mendukung hingga kecepatan 3.6Mbps saja, sedangkan Samsung Glaxy Young sudah mendukung hingga 7.2Mbps.Di sisi Bluetooth, microUSB, dan konektivitas lain, keduanya hampir sama.
Harga
Nah, kalau harga, nampaknya Samsung Galaxy Young memiliki harga lebih tinggi daripada LG Optimus L3 E400. Samsung Galaxy Young memiliki harga sekitar Rp. 900.000 untuk harga baru. Sedangkan LG Optimus L3 E400 memiliki harga sekitar Rp. 800.000 saja.
Kesimpulan
Kedua ponsel ini sama-sama menargetkan pasar low end dan low budget. Namun, keduanya memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Tetapi, jika saya disuruh memilih, saya akan memilih LG Optimus L3 E400 yang notabennya lebih murah dan spesifikasi bisa dibilang lebih dari Samsung Galaxy Y.