Samsung Z1, Smartphone Tizen Pertama Hadir di Januari 2015

Diposting pada

Setelah berkali-kali tertunda peluncuranya, smartphone samsung terbaru dengan berbasis sistem operasi Tizen ini, dikabarkan akan segera dirilis pada awal tahun 2015. Dari harga yang ditawarkan, Ponsel Tizen ini akan dilepas dengan harga sekitar 90 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 jutaan.

Masuk pada sektor hardware, kabarnya Samsung Z1 akan dibekal spesifikasi yang dapat di andalkan. Smartphone pertama dengan sistem operasi Tizen ini akan ditenagai oleh prosesor dual-core Spreadtrum dengan dukungan RAM 512 MB.

Selain itu, smartphone yang akan bersaing ketat di segmen ponsel murah ini juga akan dibekali dua buah lensa kamera dengan resolusi 3,2 megapiksel untuk kamera utama dan kamera VGA di bagian depan dan pada sektor konektifitas dilengkapi jaringan 3G dan WiFi.

Tizen sendiri adalah sistem operasi open source berbasis Linux dan webkit runtime. Dengan OS tersebut para developer atau pengembang aplikasi dapat mengkostumisasi sistem operasi Tizen. Hadirnya sistem operasi Tizen sendiri merupakan hasil kerjasama antara Intel dan Samsung sebagai penantang sistem operasi besutan google, yakni Android.

Smartphone dengan sistem operasi Tizen pertama, Samsung Z1 rencananya akan diluncurkan di India. Selain india, Samsung Z1 juga akan sambangi China pada februari 2015 dan di negara asalnya, Korea Selatan pada pertengahan tahun 2015. Bagaimana dengan Indonesia?