Sony Xperia Z5 vs Samsung Galaxy Note 5, Adu Spesifikasi Ponsel Premium

Diposting pada

Belakangan ini pasar gadget dunia semakin diramaikan dengan kemunculan flagship premium yang dihadirkan para vendor ponsel pintar. Contoh saja Acer yang meluncurkan phablet gahar bernama Predator 6 dan Predator 8 yang diperkenalkan pada sebuah acara tahunan IFA 2015 yang diadakan di Berlin.

Tak hanya Acer yang memiliki jagoan baru diranah smartphone premium, vendor lainya seperti Sony dan Samsung sama-sama memperkenalkan flagship terbaru dengan berbekal spesifikasi mumpuni. Sony sendiri meluncurkan jajaran flagship premiumnya bernama Xperia Z5, sementara Samsung menghadirkan Galaxy Note 5. Pada ulasan kali ini kami akan membandingkan spesifikasi yang dibawa dua smartphone tangguh, Sony Xperia Z5 vs Samsung Galaxy Note 5.

Desain

Melihat dari segi desain, kedua perangkat ini hadir dengan mengusung bodi berdesain mewah dan elegan. Sony Xperia Z5 hadir dengan beberapa varian warna seperti hitam, chrome dan gold dan memiliki dimensi 154,4 x 75,8 x 7,8 mm. Sementara Samsung Galaxy Note 5 mengadopsi frame yang terbuat dari material metal dengan mengusung casing belakang berbahan kaca. Galaxy Note 5 sendiri hadir dengan dimensi lebih besar dari kompetitornya, yakni 153,2 x 76,1 x 7,6 mm.

Layar

Masuk ke sektor layar, Sony Xperia Z5 menjadi pemenangnya karena smartphone ini telah mengusung layar berteknologi 4K. Sedangkan Samsung masih mengusung layar jenis super Amoled. Walaupun demikian kedua smartphone ini tidak dapat di ragukan untuk urusan kualitas tampilan gambar. Xperia Z5 dengan layar berukuran 5.5 inci dan Galaxy Note 5 dengan layar 5.7 inci sama-sama mampu menampilkan kualtas gambar yang jernih dan tajam. Namun Xperia Z5 mampu tampil lebih baik.

Dapur Pacu

Perbedaan yang paling menonjol dari kedua handset premium ini adalah hardware yang tersemat disektor pacunya. Galaxy Note 5 unggul dengan berbekal kekuatan chipset Exynos 7420 dengan memori RAM 4GB. Sementara Xperia Z5 membawa prosesor dan RAM yang lebih rendah, yakni prosesor Snapdragon 810 plus RAM 3 GB. Galaxy Note 5 juga dibekali S Pen yang akan mempermudah pengoperasian smartphone.

Kamera

Disisi fotografi Xperia Z5 lebih unggul karena di topang lensa kamera utama beresolusi 23 megapiksel 5520 x 4140 piksel dengan berbagai fitur pendukung seperti phase detection autofocus, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama. Sedangkan Galaxy Note 5 didukung dengan lensa kamera beresolusi lebih kecil, yakni 16 MP, 5312 x 2988 pixels, optical image stabilization, autofocus, LED flash. Untuk kamera dibagian depan lagi-lagi Xperia Z5 mampu mempercundangi Galaxy Note 5 dengan kamera beresolusi 5.1 MP, 1080p, HDR. Sementara Note 5 didukung kamera depan 5 MP.

Memory dan Baterai

Galaxy Note 5 hadir dengan berbekal penyimpanan internal cukup besar, yakni 32 GB dan 64 GB. Namun Samsung tidak menyediakan slot microSD sebagai tambahan penyimpanan pada Galaxy Note 5. Urusan kekuatan daya baterai, Galaxy Note 5 diakomodasi dengan daya cukup besar, yakni 3000 mAh. Xperia Z5 yang hadir dengan kapasitas daya baterai lebih besar, yakni 3430 mAh, dibekali memori internal sebesar 32 GB yang dapat diekspansi dengan hadirnya slot microSD hingga kapasitas 200 GB.

Fitur Andalan

Kedua flagship ini sama-sama memiliki fitur andalan, Samsung Galaxy Note 5 didukung fitur pemindai sidik jari dan stylush S pen. Sedangkan Sony Xperia Z5 telah mengantongi sertifikasi IP68 yang berarti smartphone ini tahan terhadap air dikedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Itulah perbandingan spesifikasi antara Sony Xperia Z5 vs Samsung Galaxy Note 5. Tentunya kedua handset premium ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.