Tips Agar Komputer Atau Laptop Tidak Cepat Rusak

Diposting pada

Barang elektronik yang telah lama digunakan pasti akan mengalami penurunan performa jika tidak ditangani dengan benar. Seperti Komputer atau laptop yang dibiarkan saja tanpa perawatan. Perangkat tersebut akan mengalami panas yang berlebihan. Selain overheat atau panas yang berlebihan, kemungkinan yang terjadi adalah komponen-komponen penunjang seperti prosesor dan lainya dapat mengalami kerusakan.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada perangkat komputer atau laptop kesayangan Anda. Berikut Tips perawatan Agar Komputer Atau Laptop Tidak cepat rusak.

Perhatikan penempatan komputer

Banyak pengguna yang tidak sadar akan penempatan Komputer. Komputer yang ditempatkan pada lokasi yang tertutup, misalkan di bawah meja yang berdekatan dengan dinding yang menyebabkan pasokan sirkulasi udara ke CPU sangat minim.

Sama halnya dengan laptop yang sering kali diletakan di atas kasur tanpa alas pada saat menggunakanya. Hal ini menyebabkan terhambatnya sirlukasi udara yang masuk. Menyebabkan suhu panas meningkat dan dapat terjadi overheat. Sebaiknya Anda menggunakan alas tambahan yang banyak di jual di toko-toko komputer.

Rutin membersihkan perangkat dari debu yang menempel

Lama digunakan, biasanya debu akan menempel pada jeroan CPU yaitu motherboard. Debu yang menempel menjadi salah satu faktor sirkulasi udara segar menurun dan menyebabkan suhu panas yang meningkat serta berujung overheating. Sebaiknya jadwalkan secara berkala membersihkan perangkat tersebut misalnya sebulan sekali.

Rutin cek performa dari kipas pendingin

Apabila komputer atau laptop menunjukan gejala yang tidak biasa dengan panas yang berlebihan, segera cek apakah kipas pendingin berjalan dengan normal. Cara yang satu ini mudah dilakukan pada komputer desktop ketimbang laptop.

Cek keseluruhan kipas pendingin yang terdapat pada kipas utama diatas prosesor, kipas pada kartu grafis atau VGA, kipas tambahan yang menempel pada dinding casing. Apabila kipas pendingin berjalan lambat, segeralah menggantinya.

Ganti Heat-sink komputer

Saat komputer mulai sering mati dengan sendirinya, ada kemungkinan heat sink yang terpasang sudah mulai menurun performanya. Segeralah menganti dengan heat sink baru. Heat sink sendiri adalah alat pendingin dengan material logam aluminium yang terdapat kipas diatasnya yang berfungsi mendinginkan hardware komputer.

Performa heat sink yang menurun akan mengakibatkan overheat bahkan Prosesor tidak akan berfungsi jika heat sink mati. Catatan: sebelum memasng heat sink, sebaiknya tambahan gel pendingin pada bagian bawah heat sink agar suhu prosesor semakin dingin.