Tips Cara Membedakan Ponsel KW dan Asli

Diposting pada

Aingindra.com – Banyaknya jajaran smartphone android premium yang dihadirkan tentu membuat daya tarik masyarakat akan perangkat seluler terutama yang dibekali dengan sistem operasi android menjadi begitu antusias. Tak hanya itu beralihnya trend mode dari featured phone ke smartphone sebagai bagian dari gaya hidup dan kebutuhan tentu bakal lebih membuat ponsel tersebut bakal laris manis dipasaran.

Laris manisnya ponsel android dipasaran membuat beberapa celah untuk disusupi oleh beberapa oknum ataupun segelintir orang yang memanfaatkan momentum tersebut. Ya bagi masyarakat tanah air saat ini pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya smartphone SC, atauapun KW.

Tentunya banyak sekali barang tiruan yang palsu beredar di pasar tanah air dengan mengatas namakan vendor ponsel besar dan terlaris. Tentu terkadang hal tersebut sangat merugikan kalangan konsumen jika memang apa yang dijual tak sesuai dengan kenyataan alias yang palsu, hal tersebut juga menjadi pembelajaran berharga bagi para konsumen agar lebih berhati-hati dalam memilih sebuah perangkat seluler.

Ya tentunya anda tak mau kan memiliki barang tiruan yang telah kita beli sesuai dengan harga asli yang mahal namun ternyata oleh pihaknya diberikan barang palsu yang memang benar terlihat 100% mirip untuk bagian desain body layar, namun sisi dalam pasti jauh berbeda. Tak hanya smartphone android semata yang saat ini banyak beredar ponsel Kw atauapun SC nya melainkan iPhone perangkat pintar besutan Apple juga turut diclone.

Nah tentunya anda para konsumen tak maukan terjebak dalam kepalsuan atau tertipu dengan modus iming-iming ponsel bagus namun ternyata ponsel tersebut merupakan perangkat bajakan alias palsu, KW, SC, Dll, untuk itu simak informasi dibawah ini selengkapnya dimana akan kita bahas tuntas mengenai cara mengenali, mengatasi lewat pengenalan dalam membedakan ponsel KW atauapun Asli.

Tips Cara Membedakan Ponsel KW dan Asli

Bagi anda para konsumen tentunya diharuskan memiliki kemampuan untuk membedakan mana ponsel KW, mana ponsel asli dan baru maupun bekas, hal tersebut memang bisa dikatakan wajib. Pasalnya hal tersebut berkaitan dengan pelanggaran, hak dll, yang tentunya anda sebagai konsumen seharunya mendapatkan barang sesuai dengan harga namun ternyata tidak.

Mampu mengenali smartphone aslinya

Nah inilah yang paling penting, dimana para pengguna selalu melakukan searching mengenai ponsel yang akan dibeli, tak hanya dari sisi desain body layar melainkan juga dari hardware alias spesifikasi yang diusung. Tentunya beragam review pasti bakal menghiasi pencarian yang juga dapat anda jadikan sebagai salah satu referensi.

Hal yang paling mudah yakni dengan membandingkan ponsel asli dari sisi spesifikasinya, nah dari hal tersebut akan terlihat jelas mana yang asli dan palus karena sudah barang tentu barang Kw bakal dibekali dengan kemampuan yang lebih renda atau menggunakan hardware murahan. Untuk pendeteksi hardware gunakan beberapa aplikasi untuk mendapatkan kepastian, misal dengan aplikasi CPU X atau Device Info.

Jangan lupa untuk cek garansi

Hal kedua yang harus anda lakukan yakni cek garansi ponsel anda dan bila perlu tanyakan jaminan garansi dari ponsel tersebut. Biasanya jika smarpthone asli tentunya disertai dengan buku ataupun kartu garansi yang didalamnya terdapat daftar alamat service center.

Nah anda juga dapat melakukan searching mengenai berapa lama jaminan garansi yang diberikan dari pabrikan terhadap ponsel yang anda beli.

Banderol Harga

Ini menjadi bagian yang paling mencolok, tentunnya bagi anda jangan muda terlena dengan iming-iming banderol harga dari ponsel yang murah karena bisa jadi hal tersebut merupakan bagian dari peniupan barang replika. Ya kebanyakan ponsel premium memang kerap kali dibanderol dengan harga fantastis maka tak heran jika banyak sekali konsumen yang tergiur dengan tawaran harga murah dari si penjual produk Kw.

Rekomended Tempat/Resmi

Tentunya sebelum kita memutuskan membeli sebuah ponsel yang paling pasti verifikasi toko tersebut, cek ulang dan tanyakan apakah berani memberikan garansi atau tidak. Serta cek kredibilitas dari toko tersebut jika sebelumnya ada catat mohon menjadi salah satu pertimbangan.

Tentu saja service center resmi mengenal mana barang yang asli dan replika, dan mereka mengetahui barang tersebut apa pernah diperbaiki atau tidak, termasuk apakah komponennya asli atau bukan. Harus diakui kebanyakan dari kita tidak memiliki pengetahuan ini, dan service center bisa menjadi tempat bertanya.

Cek nomer IMEI

Hal terakhir yang bisa dijadikan sebagai salah satu referensi untuk anda yakni dengan melakukan pengecekan di bagian nomer IMEI dari si ponsel yang biasanya diletakkan dibagian dalam belakang dari si ponsel.  Gunakan web tersebut untuk mengecek apakah smartphone bekas yang akan kita beli termasuk asli dan mengetahui status garansinya.

Baca Juga: Cara Mendapat Koin Line Gratis