Waspadai 5 Hal ini di Windows 10

Diposting pada

Hingar bingar kehadiran sistem operasi terbaru yakni Windows 10 yang belum lama ini dirilis memang masih terasa hingga saat ini. Hal tersebut terlihat dari banyaknya unduhan yang mencapai 14 juta kali hanya dalam waktu 24 jam saja.

Terlebih lagi pihak Microsoft turut memberikan penawaran spesial bagi para pengguna Windows 7 maupun Windows 8 yang mendapatkan Windows 10 ini secara cuma-cuma alias gratis. Meskipun demikian berkat beberapa informasi para pengguna yang telah mengguunakan Windows terbaru ini ada beberapa hal yang patut diwaspadai terlebih dengan fitur terbaru yang sengaja diluncurkan oleh pihak Microsoft.

Bahkan beberapa pengguna menyebutkan, bagi yang belum mengunduh dan menggunakan Windows ini ada baiknya untuk memikirkan lagi untuk menggunakannya atau tidak. Lantas ada apa sebenarnya dengan Windows 10 ini, berikut 5 hal yang perlu anda waspadai terkait fitur terbaru:

1. Sinkronisasi Otomatis

Fitur terbaru yang mungkin tidak anda ketahui di Windows 10 yakni kemampuannya dalam mengolah data serta mengsinkronkan otomatis ke beberapa server. Hal tersebut tentu menjadi penghalang bagi privacy para pengguna terlebih yang sering menyimpan pasword maupun sharing folder. Beberapa data yang dapat di sinkronisasi otomatis seperti chace, atau rekam jejak di browser serta pasword. Namun sebenarnya para pengguna tak perlu khawatir karena fitur ini dapat disetting dengan menonaktifkannya terlebih dahulu.

2. Fitur Mata-Mata

Kehadiran Microsoft 10 dengan beberapa fitur terbarunya memang begitu menggiurkan, terlebih dengan fitur assisten seperti Cortana. Namun jangan salah fitur ini juga memiliki kemampuan seperti halnya mata-mata. Ya Cortana diketahui dapat membeberkan beberapa data maupun informasi yang berkaitan dengan hal pribadi dari si pengguna itu sendiri. Fitur yang memiliki kemampuan perintah melalui suara ini rupanya juga mampu merekam dan mengirimkan informasi yang didengar.

3. Analisa Karakter Pengguna

Meski terbilang canggih, beberapa fitur terbaru windows 10 seperti halnya ID Advertising yang mana para pengguna bakal dibekali ketika mengaktifkan Windows terbaru besusan Microsoft tersebut ternyata juga dapat merugikan para pengguna itu sendiri.

Kemampuan ini terbilang lebih menguntungkan bagi para pengembang alias pengiklan, ya dengan adanya ID Advertising pihak Microsoft dapat mengetahui karakter para penggunanya dan tentu akan disampaikan oleh para pengembang demi mendapatkan target yang tepat sasara.

Namun jika tak nyaman, pengguna bisa menonaktifkan setelan otomatis ini. Tapi, lagi-lagi, banyak orang yang mungkin tak tahu tentang hal ini dan jadi “korban” Windows 10.

4. Enkripsi Data Tersimpan Otomatis

Bagi para pengguna yang acap kali mengaktifkan data enkripsi di Windows sebelumnya, kini hadirnya Windows 10 dengan memiliki kemampuan penyimpanan otomatis enkripsi yang kini disampaikan ke akun OneDrive si pengguna tersebut. Meskipun ini bukan hal buruk, ada baiknya para pengguna juga turut mengetahui data tersimpan tersebut.

5. Kebijakan Privacy Over

Ini yang sejatinya menjadi ketakutan tersendiri bagi para pengguna Windows terbaru yakni Windows 10. Pasalnya pihak Microsoft memiliki akses penuh dan hak untuk mengetahui maupun mempublikasikan data personal melalui kebijakan privacy. Seperti yang dikutip aingindra.com dari Kompas.com, Rabu (05/08/2015), “Kami akan mengakses dan mengungkapkan data pribadi pengguna, termasuk konten (seperti isi email, komunikasi pribadi atau file dalam folder pribadi), ketika kami yakin bahwa melakukan hal itu diperlukan untuk melindungi atau menegakkan keadilan bagi pelanggan kami dengan persyaratan yang diatur penggunaan layanan,” begitu tertera pada pernyataan privasi Microsoft.