Wednesday, December 27, 2017

author photo

Saat menggunakan browser google chrome maupun Mozilla tiba-tiba muncul pesan error “Your Connection is Not Secure” sehingga tidak dapat mengakses situs yang ingin kita tuju.

Hal tersebut tentunya akan membuat anda bingung karena jaringan internet sudah terhubung serta ada situs lain yang bias diakses tetapi di situs tertentu seperti google.com muncul pesan error tersebut.

Hal tersebut biasanya terjadi saat menuju situs web yang mempunyai SSL (Secured Socket Layer) yang ditandai dengan gembok dan link yang diawali dengan https berwarna hijau.

SSL yang valid
Sebenarnya cara untuk mengatasi permasalahan ini sangat mudah dan biasanya masalah ini sering terjadi pada laptop / komputer baru atau baru diinstal ulang karena pengaturan waktu/tanggal yang salah.

Untuk lebih jelasnya anda dapat melihatnya dengan cara seperti ini:

Pada tampilan error “Your connection is not secure”, klik “Advanced”
Your Connection is Not Secure Pada Firefox 

Setelah itu akan ada keterangan yang mana intinya mengatakan bahwa SSL atau sertifikat website yang anda tuju sudah habis pada tanggal tertentu, contohnya pada gambar yaitu hari jumat, 06-mei-2016 sedangkan kita mengakses website tersebut pada tanggal 9 mei.

Itu artinya tanggal di komputer adalah 09-mei sedangkan sertifikat ssl situs tersebut kadaluarsa pada 06 mei. Singkatnya anda hanya perlu merubah tanggal pada laptop atau komputer anda menjadi sebelum tanggal kadaluarsa atau tanggal saat anda mengakses tersebut.
Cara merubah tanggal dan waktu pada windows

1. Klik pada bagian “Date and Time” yang umumnya berada di pojok kanan bawah windows anda dan klik “Change date and time setting…”
Ubah Tanggal dan Waktu 
2. Klik “Change date and time” sekali lagi
Change Date and Time 
3. Aturlah tanggal dan waktu yang salah tersebut dan klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan
Cara ubah Waktu di PC 

Setelah anda melakukan langkah-langkah diatas seharusnya website yang sebelumnya muncul pesan error “Your connection is not secure” sudah dapat diakses. Anda dapat mencoba refresh (f5) halaman pada browser anda tersebut.

Cara mengatasi Your Connection is Not Secure baik pada browser Google Chrome maupun Mozilla tidak berbeda, intinya anda hanya perlu melihat keterangan error dan mengatasinya dengan memperbaiki pengaturan pada perangkat komputer anda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post