Sunday, June 2, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Inilah tujuh kebiasaan buruk yang harus segera anda tinggalkan agar menghemat waktu dan energi untuk hal yang lebih bermanfaat.
Kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan
Kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan

Jangan Menjawab Panggilan Telpon dari Nomor Tak Dikenal

Interupsi dari nomor yang tak dikenal lebih banyak membuang waktu dan pikiran, posisi negosiasi yang lemah, bahkan bisa berujung pada menjadi korban penipuan.

Jangan Menerima Ajakan Bertemu dengan Agenda dan Rentang Waktu yang Tidak Jelas
Meeting dengan agenda yang jelas mestinya bisa selesai kurang dari setengah jam. Jika anda diajak bertemu dengan agenda dan rentang waktu tak jelas, katakan tidak.

Jangan Habiskan Waktu Membahas Hal Remeh dan Tak Relevan dengan Pekerjaan
Obrolan ngalor-ngidul sangat membuang waktu. Potong pembicaraan dengan sopan, misalnya dengan berkata, “ada apa ya, lagi ada kerjaan yang perlu diselesaikan nih.”, dan perhatikan konteks, karena bisa jadi akan terdengar sedikit kurang sopan.

Jangan Cek Smartphone, Message, Email dan Sejenisnya Terus Menerus
Periksa hanya secara periodik, misalnya dua kali dalam sehari. Jika tidak, mereka akan terasa seperti narkoba yang membuat anda kecanduan dan tertarik untuk terus-terusan memainkan smartphone anda lagi dan lagi dan lagi, sepanjang hari.

Hindari Komunikasi Terlalu Banyak Dengan Low Profit, High Maintenance Customer
Lakukan pemilahan dengan Hukum Pareto, tentukan mana 20 persen pelanggan yang memberikan 80 persen profit, dan mana 20 persen pelanggan yang menghabiskan 80 persen waktu anda. Lalu berikan layanan auto-pilot bagi 20 persen pelanggan paling cerewet namun paling tidak produktif.
Buat kebijakan baru, misalnya memberikan mereka layanan berbasis email saja. Jika diperlukan, terkadang anda perlu “memecat” beberapa pelanggan.

Tidak Bekerja Lembur Untuk Menyelesaikan Tugas
Obat dari tugas yang menumpuk bukanlah lembur, tetapi membuat skala prioritas. Jangan panik menghadapi situasi dimana anda seperti terhisap lumpur hidup. Duduklah dengan tenang, kemudian pilah tugas mana yang penting dan urgen, lalu sisihkan mana yang tidak penting dan tidak urgen. Buang mereka ke tong sampah.

Jika anda merasa tidak cukup waktu menyelesaikan begitu banyak pekerjaan, itu artinya anda tidak memiliki skala prioritas, maka berpikirlah lebih keras, bukan bekerja lebih lama.

Jangan Habiskan Waktu Anda Seluruhnya Untuk Bekerja
Pertahankan waktu anda untuk orang-orang yang anda cintai, pekerjaan bisa menunggu. Memang ada saatnya anda harus mengalah untuk sesuatu yang sifatnya force majeure, tetapi jika itu terjadi terus-menerus sepanjang tahun, pasti ada yang salah dengan cara anda bekerja. Mungkin anda terlalu banyak melakukan enam kebiasaan buruk diatas. Fix it!

Next article Next Post
Previous article Previous Post