Monday, August 26, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Agya merupakan mobil minimalisir yang merajai jalanan. Produk besutan toyota ini sangat pas digunakan sehari-hari karena bodinya yang minimalis, sehingga sangat efisien terhadap jalan-jalan sempit apalagi saat macet.  Namun perlu diketahui bahwa kenyamanan merupakan hal yang terpenting dalam berkendara apalagi jika mobil merupakan kebutuhan primer bagi segelintir orang yang setiap hari menggunakannnya. Modifikasi menjadi solusi terbaik jika ingin membuat mobil kesayangan Anda menjadi sesuai dengan apa yang diharapkan tak terkecuali mobil agya.

Karena tidak ada gading yang tak retak, menemukan kekurangan dalam suatu produk menjadi hal yang biasa dijumpai. Misalnya speaker yang kurang pas dan nyaman ditelinga pengguna dapat diatasi dengan memodifikasinya. Pasalnya mobil agya ini hanya memiliki dua speaker pada bagian pintu depan saja. Hal ini membuat suara yang dihasilkan kurang nyaman dan kurang membawa kesan santai. Berikut hal yang dapat Anda coba untuk memodifikasi speaker pada toyota agya.

Beberapa Modifikasi Speaker Cocok untuk Agya

Head unit 

Pada bagian sumber audio video, head unitnya dapat digantikan dengan Pioneer tipe Lumonitor LED double din. Head unit tipe ini diklaim sangat lengkap fitur-fiturnya karena memiliki bluetooth handsfree, mixtraxx, koneksi ke iOS atau Android. Dan yang paling mengagumkan adalah sudah ada built in modul untuk streering remote switch sehingga tidak perlu membeli secara terpisah. Selain itu dapat juga menggunakan berbagai macam merk yang ada dipasaran sesuai selera Anda.

Kelebihan penggunaan Pioneer ini terletak pada user interface yang lumayan jelas dan sangat manis dilengkapi dengan info jam dan hari. Panel head unit masih bisa menggunakan panel standar dan bisa ditutup dengan berbagai produk sedarah dari lahiran toyota. Selain itu head unit ini dapat memainkan video dengan format DIVX dan MPEG4, sangat kompatibel dengan USB sampai dengan kapasitas 64GB. Tentunya dengan layar High Res video sudah dapat ditampilkan secara menawan.

Speaker mobil untuk Toyota Agya
Speaker mobil untuk Toyota Agya

Jika Anda berminat untuk modifikasi memakai keluaran dari aulux, hal ini tidak perlu dilakukan. Head unit bawaan dari agya ini tetap bisa digunakan. Kelebihan dari keluaran aulux yakni dapat memaksimal suara tanpa perlu mengganti head unit dari toyota agya. Wah, sangat menarik bukan. Tentunya hal ini menjadi sangat efisien karena tidak perlu merogoh kocek lebih untuk memodifikasi mobil agya kesayangan Anda.

Speaker component/split 2 way

Pada bagian speaker depan, Anda juga dapat menggantinya dengan memakai berbagai produk Focal. Salah satunya dengan tipe ISS165 atau diberi nama intergration karena crossovernya sudah didesain built in dengan speaker mid. Ini akan mendukung sehingga tidak ada kotak crossover yang harus disembunyikan sehingga proses instalasi menjadi sederhana dan tidak ribet. Kelebihan dari produk ini tweeter sudah disediakan dengan dudukannya sehingga akan mempermudah Anda. 

Selain itu Anda juga dapat menggunakan versi standar seperti single cone yang diganti dengan split. Hal ini akan menjadikan kesan suara stereo dan staging yang bisa diperoleh. Pada bagian belakang Anda dapat juga menggunakan speaker coaxial dengan berbagai tipe yang disediakan. Pada bagian ini Anda dapat merogoh kocek sekitar 750 ribuan hingga 3 jutaan tergantung tipe yang Anda inginkan dan disesuaikan dengan budget yang ada.

Subwofer

subwoofer aktif keluaran dari Rocked Fostage dapat Anda gunakan untuk mendapatkan low frequencies. Banyak kelebihan yang ditawarkan dari produk ini misalnya saja dapat diinstal dikolong jok. Hal ini tentunya akan menghemat ruang bagasi karena ruang bagasi yang dimiliki oleh agya tidak terlalu lebar. Keunggulan lain adalah dentuman bass yang dihasilkan subwoofer juga sangat mengesankan untuk mengisi frequensi rendah sehingga membuat bass terasa padat dan berisi. 

Dari segi body subwoofer aktif ini hanya berukuran 8 inchi saja dengan daya maximal 100 Watt. Akan terkesan ramping dan mungil dengan output bass yang sangat dinamis. Selain itu juga dilengkapi dengan remote control bass yang sangat praktis. Remote ini dapat digunakan untuk mengatur level bass yang diinginkan oleh pengguna. Sehingga pengguna dapat mengatur level sesuai selera.

Ada juga berbagai produk lain yang bisa digunakan dalam modifikasi subwoofer agya ini. Misal dengan subwoofer dari OEM dengan seri VX 2112W yang mempunyai ukuran 12 inchi. Beberapa pilihan tersebut kiranya cukup menjadi pilihan yang tepat untuk memodifikasi bagian subwoofer. Penting untuk mencari subwoofer dengan body yang kecil agar tidak memakan terlalu banyak tempat karena bagasi dari agya sangat minimalis. Terdapat banyak pilihan yang bisa menjadi referensi modifikasi.

Peredam pintu

Sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan dalam hal modifikasi speaker yakni peredam suara. Melihat bahwa mobil agya ini masih sering terjadi kebisingan dari mesin ataupun dari luar mobil, peredam suara menjadi alternatif yang perlu dilakukan. Hal ini akan sangat berguna agar suara bass terdengar lebih bulat dan meminimalisir suara-suara dari luar jika peredam suara yang diberikan mumpuni.  Kesempurnaan dari peredam suara tentunya akan membuat kualitas suara audio menjadi meningkat sangat signifikan. 

Peredam suara sendiri dapat dipasang dengan pilihan tiga lapis peredam suara. Lapisan pertama bisa menggunakan STP foam untuk dipanel dengan pintu plastik. Ini akan berfungsi sebagai peredam gelombang yang menyebabkan vibrasi dan akan menambah kesolidan panel pintu. Lapisan yang kedua dapat menggunakan Hushmat Silencer Megabond dimana selain berfungsi meredam suara juga dapat meredamkan panas sehingga suhu pada kabin stabil. Sedangkan pada lapisan yang ketiga menggunakan  Hushmat Ultra yang berfungsi untuk membuat suara tinggi tetap solid dan tidak terkesan kaleng.

Peredam dari produk lain juga dapat dicoba dari yang berbahan aspal atau dengan sejenis dodol (rubber jelly). Namun jenis aspal membutuhkan lem untuk mengaplikasikannya tidak seperti rubber jelly yang tidak memerlukan lem dan lebih fleksibel. Bisa dikatakan bahwa penggunaan peredam rubber jelly lebih efisien karena dapat diganti kapanpun jika diinginkan. Semua tergantung pada selera dari pengguna. 

Kekurangan dari memakai peredam adalah membuat mobil menjadi tambah berat. Tetapi cukup aman jika digunakan sesuai aturan yang telah disediakan. Cukup memasangkan peredam pada bagian yang menimbulkan kebisingan atau pada bagian pintu depan untuk menutup speaker saja. Satu peredam mempunyai berat sekitar 2kg. Jadi bisa dikira-kira berapa berat peredam yang dipasang untuk mobil agya sesuai kebutuhan Anda.

Demikian beberapa modifikasi yang cocok untuk dilakukan dalam rangka membuat speaker mobil agya terasa nyaman. Melihat memang mobil kelas LCGC masih perlu banyak modifikasi agar terasa nyaman digunakan dan tidak kalah saing dengan mobil lain dikelasnya. Selain hal-hal di atas, dapat juga dilakukan modifikasi speaker yang sesuai dengan keinginan pengguna tetapi tetaplah mengingat kapasitas dari mobil kelas LCGC ya. Semoga ulasan di atas dapat menjadi referensi dalam memodifikasi speaker mobil agya kesayangan Anda.

Rekomendasi Speaker Terbaik Lainnya


Next article Next Post
Previous article Previous Post