Sunday, October 20, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Bagi para pelamar kerja, harus melewati beberapa tes yang diadakan oleh perusahaan, salah satunya adalah psikotes. Biasanya bentuk-bentuk psikotes tersebut seperti tes kemampuan umum, tes potensi akademik, hingga tes bakat skolastik.

Psikotes merupakan salah satu tes yang harus dilalui oleh para pelamar kerja, terutama perusahaan-perusahaan besar dan ternama atau seleksi perekrutan calon PNS.
situs latihan soal psikotes online
Situs latihan soal psikotes online

Padahal tes ini sangat sulit untuk dilalui, terutama oleh mereka yang baru lulus. Jadi mau tidak mau mereka harus berhadapan dengan tes yang dianggap menakutkan ini.

Tujuan dilakukannya Psikotes untuk Pelamar Kerja 

Sebagian besar perusahaan memang menginginkan calon karyawan yang pintar dan cerdas, itu sudah pasti. Namun itu saja tidak cukup menjadi pertimbangan bagi mereka dalam menerima karyawan. Oleh sebab itu, pihak perusahaan mengadakan psikotes sebagai syarat wajib untuk dilalui para pelamar sebelum diterima bekerja.

Tes psikotes ini biasanya diukur dari tingkat kesulitannya berdasarkan dengan posisi atau jabatan yang sedang dibuka. Tidak hanya di negara kita saja, tes ini juga diterapkan oleh banyak perusahaan di seluruh dunia.

Gambaran besarnya, psikolog, penguji atau HRD akan memberikan beberapa soal yang merupakan bagian dari tes ini untuk mengukur tingkat kemampuan seseorang.

Selain itu, tes ini bertujuan untuk mengetahui bakat, minat, dan kepribadian seseorang. Dan yang terpenting, sesuai namanya tes ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi psikologi dari para pelamar. Tes psikotes ini sendiri bisa berupa evaluasi, tertulis, maupun proyektif.

Tips Menghadapi Psikotes 

Agar bisa melalui tahapan psikotes dengan baik, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan. Di antaranya adalah:

Percaya diri 

Dengan percaya diri, maka kamu yakin pada diri sendiri bahwa kamu bisa mengerjakan tes tersebut. Percaya akan kemampuan diri serta selalu optimis bahwa kamu siap menghadapi soal-soal yang akan diujikan nanti. Percaya diri juga berpengaruh besar pada kesuksesan, karena ia akan memberikan pemikiran positif untuk selalu siap menghadapi ujian.

Konsentrasi 

Tips selanjutnya adalah konsentrasi, karena dengan konsentrasi, kamu bisa teliti dan tenang dalam mengerjakan psikotes ini. Bayangkan jika kamu tidak bisa konsentrasi, maka jangankan menghadapi psikotes, memikirkan hal yang paling kecil saja kemungkinan besar kamu tidak akan bisa.

Selain itu, konsentrasi juga bisa membuat kamu tetap fokus pada hal tertentu, dengan tidak memikirkan hal lain selain mengerjakan tes psikotes dengan sebaik mungkin.

Berdoa 

Jangan sekali-kali menyepelekan kekuatan dari sebuah doa, bahkan jika kamu adalah orang yang pintar sekali pun. Karena biasanya, berdoa menjadi faktor utama yang menentukan keberhasilan seseorang, termasuk tes psikotes ini. Meskipun kamu sudah berusaha berlatih, tapi pada akhirnya hanya Tuhan lah yang menentukan.

Tes psikotes biasanya tidak melihat dari tingkat kepintaran seseorang. Karena sering kali terjadi, orang yang pintar secara akademik tidak lulus saat mengikuti tes ini. Sebaliknya, orang yang kepintaran secara  akademiknya biasa saja, justru malah lulus pada psikotes ini. Kebanyakan semua itu dikarenakan oleh siap atau tidaknya seseorang sebelum mengikuti tes.

Siap atau tidaknya seseorang adalah berdasarkan sejauh mana keseriusan orang tersebut dalam mencari cara agar bisa lulus seleksi. Salah satunya adalah dengan mempelajari soal-soal atau kisi-kisi dari tes psikotes yang sering diujikan, baik secara online maupun ofline.

Karena biasanya, mereka yang lulus tes psikotes adalah orang yang selalu berlatih, tidak peduli apakah dia pintar secara akademik atau pun tidak.

Situs Latihan Psikotes Secara Online Terbaik 

Berlatih sebelum mengikuti psikotes itu wajib, terlebih saat ini banyak cara bagi para pelamar untuk belajar mengenai tes ini. Salah satunya adalah dengan mengikuti latihan tes psikotes secara online, seperti beberapa situs di bawah ini.

Nah berikut adalah beberapa situs yang menyediakan soal latihan tes psikotes secara online yang terbaik bahkan secara gratis.

Proprofs.com 

Situs terbaik pertama yang menyediakan soal latihan tes psikotes secara online adalah proprofs.com. Di proprofs.com, tidak hanya menyediakan soal latihan tes psikotes saja, namun banyak latihan soal yang disediakan oleh situs ini. Proprofs.com menyediakan berbagai macam pilihan bahasa, dengan total lebih dari 40 dan salah satunya adalah bahasa Indonesia.

Fitur yang disediakan pun beragam, kamu bisa memulainya dengan klik kolom Quizzes dan pilih bahasa Indonesia bila ingin menggunakan bahasa  ini. Lalu klik ‘mulai’ untuk langsung mengikuti latihan pada halaman Latihan Tes Psikotes.

GGkarir.com 

Selain sebagai situs latihan psikotes secara online, situs ini juga merupakan website yang menyediakan lowongan kerja dan informasi-informasi lain seperti tentang dunia kerja. Kamu bisa mengakses situs ini dengan sangat mudah, dan langsung mulai latihan tes psikotes secara online.

Bahkan tampilan situs ini juga sangat sederhana, dan kamu tidak perlu membuat akun terlebih dahulu untuk bisa mengikuti latihan tes di sini.

Dari sekian banyak situs latihan tes psikotes secara online, hanya ggkarir.com yang paling simpel. Dengan membuka halaman utama, kamu bisa langsung menemukan berbagai macam latihan soal tes psikotes. Beberapa tes yang disediakan oleh situs ini adalah seperti tes kemampuan verbal yakni hitung cepat, deret angka, logika matematika, sinonim dan antonim.

Latihanpsikotes

Situs latihan tes psikotes secara online yang terakhir adalah latihanpsikotes.com, bisa ditebak sesuai nama situsnya. Soal-soal psikotes yang disediakan oleh situs ini biasanya adalah soal yang sering diujikan saat tes masuk kerja. Di situs ini, kamu bisa mengunduh soal tes psikotes beserta kunci jawabannya secara gratis.

Bahkan situs ini juga akan memberikan jawaban secara jelas dan mendetail, jadi kamu tidak perlu bingung lagi dalam berlatih menjawab soal-soal psikotes. Dan tak perlu bertanya lagi atau mencari jawaban lain.

Nah itulah beberapa situs terbaik yang menyediakan latihan soal tes psikotes secara online. Tes yang bertujuan untuk mengetahui minat, bakat, dan kepribadian seseorang ini bisa kamu lalui dengan baik dengan cara berlatih menjawab soal-soal psikotes. Meskipun kamu bukanlah orang yang pintar secara akademik.

Next article Next Post
Previous article Previous Post