Monday, November 25, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
Sama halnya seperti ketika kita selesai searching sesuatu di browser, akan terdapat riwayat yang muncul setelah pencarian YouTube dilakukan. Beberapa orang merasa tidak nyaman dengan hal tersebut terlebih jika apa yang dicari merupakan hal yang bersifat tidak biasa atau tabuh.
Ilustrasi platform video sharing YouTube
Ilustrasi platform video sharing YouTube

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi Anda bisa menonaktifkan history sehingga setelah Anda searching suatu video, tidak akan ada history tontonan yang mencatat aktivitas Anda. Mengenai seperti apa panduan cara menonaktifkan history YouTube, Anda bisa simak informasi selengkapnya berikut ini!

Panduan Cara Menonaktifkan History YouTube

Ada beberapa langkah yang Anda harus terapkan dalam panduan cara menonaktifkan history YouTube ini, langkah – langkahnya sebagai berikut :
  • Setelah Anda masuk ke halaman YouTube, Anda buka opsi “History”. Opsi tersebut bisa Anda temukan di bagian paling kiri suatu laman.
  • Nantinya akan segera muncul riwayat tontonan yang pernah Anda tonton.
  • Setelah Anda masuk ke halaman YouTube, kemudian Anda buka opsi history yang terdapat di bagian kiri laman.
  • Disana nanti akan Anda temukan riwayat tontonan. Kemudian pilih opsi “Manage All Activity” yang terdapat di bagian kanan laman.
  • Setelah Anda pilih, kemudian akan muncul sebuah laman baru. Disana Anda akan dibawa ke sebuah laman yang bernama “Google My Activity”. Kemudian Anda harus memilih kotak bagian kanan yang terdapat di bagian paling bawah “YouTube History”.
  • Kemudian akan muncul suatu kotak yang berisi sebanyak tiga buah opsi untuk menghapus history video YouTube Anda secara manual. Anda bisa menghapus riwayat tontonan Anda saat ini, 3 bulan lalu sampai dengan 12 bulan lalu yang pernah Anda tonton.
  • Ketika Anda pilih opsi untuk menghapus konten yang sudah berumur 3 bulan atau 12 bulan, Anda akan dibawa ke sebuah halaman konfirmasi. Disana akan terdapat suatu contoh video yang sudah lebih dari kurun waktu tersebut.
  • Kemudian Anda tekan confirm dan untuk ke depannya video yang lebih dari kurun waktu yang Anda pilih akan terhapus secara otomatis di riwayat video Anda.

Bagi Anda pecinta YouTube yang terlalu sering nonton YouTube, menghapus history ini sangat dianjurkan dilakukan secara berkala karena history dapat menjadi suatu cache bagi akun YouTube yang Anda sering buka tersebut.Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus tentu saja buffering akan Anda alami. Penyebab lainnya yang akan membuat proses streaming video di YouTube terhambat salah satunya adalah cache dan riwayat video yang sudah terlalu banyak.

Hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap performa suatu aplikasi YouTube termasuk ketika Anda melakukan streaming via smartphone. Karena itu pembersihan cache di ponsel sangat penting.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Iklan Youtube di Chrome dan Firefox

Cache ini merupakan sebuah ruang sementara yang tersedia untuk menyimpan berbagai macam data atau informasi yang ada kaitannya dengan konten didalam memori. Informasi yang tersimpan didalam cache nantinya dapat Anda gunakan lagi tanpa Anda harus loading dari awal sehingga akan menghemat waktu.

Nah, YouTube sendiri dalam proses loadingnya memanfaatkan cache pengguna untuk menyimpan konten yang sering ditonton. Darisana YouTube bisa mendapat informasi konten yang relevan dengan minat viewersnya.

Ukuran cache sendiri semakin lama akan semakin bertambah dan membebani performa YouTube. Karena itu pembersihan secara berkala penting diperhatikan. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post